Rubrik Power Of Mind Radar Bali : Hipnoparenting Mengobati Rasa Bersalah Terhadap Anak



Rubrik Power Of Mind Radar Bali : Hipnoparenting Mengobati Rasa Bersalah Terhadap Anak
Edisi Minggu, 26 Januari 2020

Pertanyaan :

Saya seorang ibu muda punya seorang anak perempuan usia 5 tahun, saya merasa bersalah terhadap anak saya karena dulu waktu masih berusia dibawah tiga tahun saya sering membentak dengan suara tinggi, dan dengan seiring waktu berjalan anak saya semakin menjauhi seperti ada rasa takut dan nggak mau dekat dengan saya. Dia lebih dekat justru dengan mbak pengasuhnya dan ayahnya. Apa yang mesti saya lakukan bu Santy, apakah hipnoterapi bisa dilakukan untuk anak saya .

Terimakasih dan saya harapkan jawaban ibu akan bisa mengurangi kekawatiran saya.

Made Riska – Bali

Jawaban :

Rasa bersalah adalah emosi umum yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Rasa bersalah ini tidak hanya mengandung nilai positif tapi juga negatif  jika yang  dirasakan terlalu berlebihan. Oleh karena segala sesuatu di dunia ini tidak sempurna, maka jangan juga mengharapkan diri kita  atau orang lain menjadi sempurna

Demikian juga rasa bersalah yang Riska rasakan saat ini, anak dibawah 3 tahun memang lebih bermain dengan pikiran bawah sadarnya yang memiliki sifat permanen, mengingat kejadian dan mengendap dipikiran bawah sadarnya. Termasuk mungkin hal-hal yang telah terjadi diluar control emosi pada saat yang lalu sehingga menjadi trauma bagi si anak.

Tentu kita tidak bisa hanya menyesali dengan apa yang telah terjadi karena itu  tidak akan bisa mengembalikan masa lalu, yang bisa kita lakukan adalah perbaikan apa yang dilakukan untuk penyembuhan psikis si anak agar yang bersangkutan dalam perjalanan waktu ke depan tidak akan mengalami beban psikis yang berakibat kurang baik bagi pengembangan dirinya.

Tetapi tidak usah terlalu kawatir, karena semua itu belum terlambat, ada solusi yang mujarab yaitu dengan hipnoparenting.

Hipnoparenting adalah  pola asuh modern mempergunakan teknik hipnotherapi (terapi dengan hipnosis) yang secara khusus diterapkan oleh orang tua dalam mengasuh anak. Bekerja langsung pada pikiran bawah sadar anak, membuat orang tua dapat menerapkan pola asuh tanpa paksaan.

Temani anak menjelang dia tidur atau saat dia mulai mengantuk. Pasalnya dalam kondisi ini, kondisi otak anak sudah tenang. Ini adalah waktu yang tepat untuk menyampaikan sugesti positif, baik dalam bentuk saran atau cerita. Jangan pernah malu meminta maaf sekalipun kepada anak jika memang pernah berbuat salah sehingga anak menjadi tajut atau trauma akan kelabilan  emosi anda.

Dengan kalimat lembut bisikkan pada telinga kanan anak  “ Maafkan ibu jika pernah salah, ibu sayang kamu, sangat menyayangimu , kamu anak yang hebat, kamu anak yang baik, dan kata-kata pujian lainnya”. Lakukan terus menerus , sebelum 21 hari biasanya anak sudah menunjukkan perubahan sikap yang menyenangkan. Kalimat-kalimat positive itu akan diterima dan direkam oleh pikiran bawah sadar, sehingga secara tidak langsung dapat mengontrol perilakunya.

Biasakan  menggunakan kalimat dan cara penyampaian yang positif saat berkomunikasi dengan si kecil, orang tua  harus berperilaku baik dan positif sehingga anak juga akan menirunya dengan mudah. Sebelum melakukan teknik di atas, pastikan  juga sudah memahami sikap dan kebiasaan anak mama, sehingga sugesti yang diberikan tidak bertentangan dengan sifatnya

Semoga berhasil….

-----------------------
.
Jawal Pelatihan Edisi Februari 2020 :
- Public Speaking Reguler [Setiap Sabtu]
- 3 Days Public Speaking For Professional [31 Jan' - 2 Feb' 2020]
- Workshop The Power of Mind [ 9 Feb' 2020 ]
- Kids Talk : Yoga & Hypno For Kids [16 & 22 Feb 2020]
- Hypnosis Class [23 Feb' 2020]

Bergabunglah bersama kami.
Informasi lebih lanjut.. 👇👇
.
WA 0811380675
atau klik wa.me/62811380675
atau klik wa.me/62811380675
atau klik wa.me/62811380675
.
Santy Sastra Public Speaking
Jl. Gatot Subroto VI no. 27 Denpasar - Bali

Program Pelatihan Santy Sastra Public Speaking :
- Public Speaking Reguler
- Public Speaking For Professional
- SSP Club (Pelatihan MC, Penyiar, Presenter)
- Pelatihan Hypnosis
- Workshop Power of Mind
- Kids Talk
- In House Training

FB : Santy Sastra Public Speaking
IG : @santysastra
Web : www.santysastra.com

#santysastra #trainer #mindsetmotivator #motivator #publicspeaking #hypnoterapist #mc #kidstalk #powerofmind #hypnoparenting #hypnoforkids #quote #quotes #kutipan #publicspeaker #hypnosis #hipnosis #hipno #hipnoparenting #hipnoslim #hipnotis

0 Komentar