Rubrik Radar Bali : Mengatasi Grogi Berbicara di Depan Umum

Rubrik Radar Bali : Mengatasi Grogi Berbicara di Depan Umum

Edisi Minggu, 15 November 2020


Merasa gugup atau grogi sebelum tampil di depan umum itu adalah sesuatu yang alami dan merupakan bagian dari cara tubuh untuk membantu melakukan yang terbaik. 

Justru "Hormon Stres" (seperti adrenalin) yang diproduksi tubuh di saat seperti ini benar-benar dapat membantu seseorang lebih fokus.

Banyak orang stres saat harus berbicara di depan orang banyak. Takut ditertawakan jika mereka melakukan kesalahan di depan audiens. Karena manusia pada umumnya sering memikirkan apa yang dipikirkan oleh orang lain, yang sebetulnya mereka belum tentu memikirkan kita.

Namun saat rasa khawatir dan stres karena tampil terlalu berlebihan, hormon ini akan memberi sinyal bahaya yang membuat diri merasa dingin atau berkeringat, sampai merasa sakit perut atau merasa tidak bisa berpikir jernih.

Persiapan sangat menunjang kesuksesan seseorang untuk tampil percaya diri berbicara di depan umum, maka dari itu jangan pernah sepelekan persiapan. Persiapan mental, persiapan fisik dan persiapan materi, persiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya.

Grogi itu manusiawi yang artinya metabolisme kita masih sehat, dan masih ada ketakutan untuk melakukan sesuatu yang jarang dilakukan.

Sebaiknya jangan memikirkan kesalahan yang mungkin terjadi, penuhi diri dengan energi positif. Coba perhatikan tim sepak bola sebelum mereka berlari ke lapangan. Mereka masuk dalam kelompok dan berdoa atau menyanyikan sebuah lagu tim, untuk memompa diri mereka dengan energi positif serta membangkitkan semangat tim.

Sugestikan selalu pada diri sendiri: "Aku bisa melakukannya!", "Aku siap melakukan ini - inilah saatnya!" atau, "Ini pasti akan menyenangkan!"

Betapa pentingnya mempersiapkan kegugupan sebelum penampilan, sama pentingmya mempersiapkan penampilannya sendiri. 

Untuk mengatasi grogi sebaiknya datanglah jauh sebelum waktu untuk tampil, sehingga bisa beradaptasi dengan keadaan, dan tidak tergopoh-gopoh.

Kalau kita ingin mahir berbicara di depan umum maka perlu yang namanya latihan. Banyak latihan akan menjadi terbiasa. Di dalam otak, ada brain memory dan muscle memory. Dan kalau untuk berbicara itu, yang kita latih adalah muscle memory.

Muscle memory ini bisa dengan latihan sebanyak mungkin. Latihannya bisa dimana saja: bisa di depan kaca, bisa latihan bicara di kamar mandi, latihan bicara saat berkendara, bisa latihan pada orang dekat atau latihan bicara dengan apa pun.

Pada prinsipnya berbicara di depan umum itu bisa mahir hanya karena 3 kata, latihan, latihan dan latihan, tapi jika ternyata punya permasahan karena trauma ataupun hal-hal yang sifatnya psikis maka sebaiknya harus di hipnoterapi menghilangkan kotoran dalam pikiran bawah sadar sehingga bisa menerapkan semua teknik public speaking.

Jadi jangan tunda lagi untuk menguasai ketrampilan berbicara di depan umum untuk meningkatkan potensi menghadapi tahun 2021 yang sudah di depan mata.