Rubrik Power of Mind Radar Bali : Olahraga Bisa Membuat Imun Tubuh Meningkat

4 - Olahraga Bisa Membuat Imun Tubuh Meningkat - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Olahraga  Bisa Membuat Imun Tubuh Meningkat 

Edisi 25 Juli 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


DI tengah pandemi yang tak kunjung usai, membuat sebagian besar masyarakat  melakukan berbagai aktivitas hanya di rumah saja. Kurangnya aktivitas fisik pada tubuh membuat badan menjadi tidak sehat. Selain itu juga berpengaruh pada melemahnya sistem imun yang seharusnya tetap dijaga.

Olahraga merupakan  kegiatan yang  dibutuhkan tubuh manusia. Olahraga adalah suatu aktifitas yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani  berpengaruh ke rohani juga. 

Olahraga yang dilakukan secara rutin  dapat menghindari penyakit atau tidak mudah terkena penyakit. Karena dengan merawat tubuh melalui olahraga, dapat menjaga metabolisme tubuh.

Dalam aktifitas olahraga sebaiknya dilakukan setiap hari dalam durasi waktu sekitar 15-30 menit.  Bisa dilakukan  semua kalangan  dari anak-anak,  remaja, orang dewasa dan orang lanjut usia selagi mampu. 

Berjalan kaki merupakan  jenis olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, dalam sebuah studi yang melibatkan 20 perempuan dengan obesitas, menemukan fakta bahwa berjalan kaki selama 50-70 menit dalam tiga kali seminggu bisa mengurangi lingkar pinggang sampai 2,8 cm.

Bersepeda merupakan jenis olahraga yang sedang populer, selain bisa meningkatkan kebugaran juga membantu mengurangi berat badan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bersepeda secara rutin bisa meningkatkan kebugaran secara menyeluruh, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, serta kanker.

Berenang merupakan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan. Manfaat lain dari berenang  dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi faktor resiko penyakit jantung, termasuk kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain olahraga diatas, masih banyak olahraga lain yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kesenangan masing-masing pribadi.

Seseorang dapat membentengi diri agar terhindar dari penyakit-penyakit yang mengerikan terutama dalam kondisi virus covid yang belum reda seperti saat ini.  Karena  olahraga rutin   menjaga kesehatan jasmani dan rohani. 

Jasmani artinya dengan olahraga, fisik dan organ dalam tubuh mampu bekerja sesuai semestinya dan dapat berfungsi lama. Rohani artinya dengan melakukan olahraga  dapat memberi ketenangan pada jiwa. Jika keduanya  terpenuhi, dapat memberikan manfaat yaitu system imun dalam diri  semakin meningkat.

Selain itu olahraga juga menciptakan hormon bahagia penangkal virus yaitu hormon endorphin, hati yang bahagia membuat imun meningkat.

Hormon endorfin menjadi kunci mengapa olahraga menjadi bahagia sekaligus menurunkan kadar stres, diproduksi oleh kelenjar pituitary, kalenjar yang bertugas menghasilkan hormon yang membantu mengendalikan banyak proses organ dalam tubuh dan sistem saraf pusat. 

Selain berpengaruh mengurangi persepsi rasa sakit (analgesik), endorfin juga dapat bertindak sebagai penenang. Dan, olahraga membantu terhindar dari pikiran negative.  Pikiran dan afirmasi positive, membuat semakin sehat dan kekebalan tubuh meningkat. (***)