Rubrik Power of Mind Radar Bali : Menumbuhkan Kepercayaan Diri dengan Self Talk

1 - Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan Selftalk - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

 

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Menumbuhkan Kepercayaan Diri dengan Self Talk 

Edisi Minggu, 5 September 2021



Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SELF TALK  adalah dialog internal  diri, dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar yang mengungkapkan pikiran, pertanyaan serta gagasan. Diucapkan dalam hati atau disuarakan secara lantang sehingga menjadi sugesti bagi diri.

Self talk bukan berarti berbicara  mengeluarkan kata-kata dari mulut layaknya saat  berbicara dengan orang lain, melainkan berbicara dengan pikiran-pikiran.  

Self talk  bisa dikategorikan menjadi dua,  yaitu positif dan negatif. Self talk positif meningkatkan rasa percaya dirI, kebahagiaan dan memotivasi, sedangkan negatif  membuat  putus asa, ketakutan, cemas dan sedih.

Sadar atau tidak, manusia melakukan self talk sepanjang hari dan sepanjang hidup. Suara  di kepala dan percakapan  dengan pikiranlah yang menginspirasikan tindakan

Self talk adalah kata-kata yang sering diucapkan dan sering kali tidak menyadari perkataan itu,  sebenarnya adalah cerminan dari  pikiran bawah sadar. Contoh:  ingin punya income dua kali  lipat dari sekarang  dan kemudian yang ada pikiran ”ah tidak mungkin“ atau  ”beneran bisa tidak ya?” dan sejenisnya. 

Ketika sering  menganalisa, maka akan tahu apa sebenarnya yang menjadi keraguan, apa yang menjadi keinginan  sebenarnya serta apa yang menjadi kekhawatiran . 

Dengan mengetahui semuanya,  mudah  untuk  menganalisa apa yang menyebabkan self talk itu munculsehingga dengan mudah mengganti  untuk kepentingan diri.

Tahapan pertama mengenali selftalk adalah belajar secara sadar mengamati setiap perasaan yang muncul dan kemudian memetakannya. 

Dibutuhkan latihan  dan keinginan yang kuat supaya  bisa mengenali self talk, selanjutnya mengubah menjadi  positif, caranya adalah dengan melepaskan  emosi negatif yang terkandung dalam diri. 

Cara yang  mudah adalah memberikan pertanyaan yang memberdayakan diri, tujuannya adalah  menggoyang kepercayaan atau perasaan negatif tersebut.  

Jika bisa melepaskannya maka merasa lebih nyaman dan kemudian  dengan mudah memberikan self talk yang positif pada diri. 

Self talk dapat meningkatkan kinerja dan kesejahteraan secara umum. Penelitian menunjukkan self-talk membantu atlet meningkatkan kemampuannya. 

Self talk membantu memiliki daya tahan atau kekuatan yang lebih baik. Bahkan mengarahkan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam hidup. Cara sederhana  yang bisa digunakan  membuat diri lebih baik.  

Jika belum berhasil  maka  perlu mengunjungi hipnoterapis untuk menjadikan diri  lebih baik.  Karena sebagai mahluk sosial tetap membutuhkan orang lain membantu mengangkat masalah yang dialami. (***)