Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mahir Bicara di Depan Umum dengan Visualisasi

5 - Mahir Berbicara di Depan Umum dengan Visualisasi - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

 

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mahir Bicara di Depan Umum dengan Visualisasi 


Edisi Minggu, 31 Oktober 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Visualisasi adalah tehnik hipnosis yang efektif membawa perubahan positif, baik dalam terapi hipnosis maupun dalam self hipnosis. 

Cara melakukan visualisasi sangat sederhana.  Tentukan  yang  diinginkan dan bayangkan diri  mampu melakukan apa yang diinginkan tersebut dengan sangat baik.

Memvisualisasikan harapan dan fokus saat memulai hari  menjadi saat   tepat untuk mulai produktivitas, sehingga  lebih baik memulai pekerjaan yang paling sulit dipagi hari.

Visualisasi membuat diri  reaktif, karena mengaktifkan pikiran bawah sadar memberikan kekuatan dan kendali untuk melakukan hal  berat sepanjang hari.

Seperti fisik, otot dan otak maupun mental menjadi kuat jika dilatih setiap hari. Latihan mental seperti visualisasi  bisa sama efektifnya dengan latihan fisik.

Dalam  kelompok atlet ketika  diminta  berlatih memvisualisasikan bahwa mereka berhasil mengangkat beban tertentu.  Berakhir dengan keberhasilan dibanding  yang hanya bersandar pada latihan fisik semata.

Memvisualisasikan keberhasilan bisa mereprogram pikiran bawah sadar seakan sudah  mencapai tujuan tertentu.

Pikiran sadar mungkin  menolak  karena itu bukan hal yang nyata, tetapi visualisasi  menggunakan imajinasi.

Dalam kondisi hipnosis, pikiran  tidak mampu membedakan  pengalaman nyata dengan imajinasi.

Jadi bila membayangkan diri  berhasil mengatasi masalah dengan sangat baik, maka ingatan, pengalaman dan rasa percaya diri yang berkaitan dengan keberhasilan   terekam dalam pikiran sebagai memori yang nyata.

Sehingga saat  berhadapan dengan masalah yang sama atau mirip, rasa percaya diri, ingatan dan pengalaman  kembali muncul secara otomatis dan  digunakan  mengatasi masalah tersebut.

Contoh visualisasi  berbicara di depan umum, membayangkan diri  berbicara di depan umum dengan baik. Bayangkan  sedang mempersiapkan diri untuk berangkat menuju tempat  memberikan sambutan. 

Secara mental perhatikan baju dan penampilan. Periksa juga naskah pidato dan materi penunjang yang akan di gunakan. 

Bila semua sudah sesuai harapan  berikan pujian yang tulus pada diri dan rasakan rasa puas dan percaya diri memenuhi diri. 

Bila belum, ubah apapun yang dirasa kurang tepat hingga  sesuai dengan keinginan. Ini adalah imajinasi yang memiliki kuasa tak terbatas, dapat diubah, hentikan, atau putar ulang sesuka hati.

Tehnik visualisasi dapat digunakan  untuk semua hal, seperti melamar seseorang,  meminta kenaikan gaji, atau berhadapan dengan situasi yang tidak nyaman.