Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berpikir Positif, Hasilnya Dahsyat

 4 - Berpikir Positif, Hasilnya Dahsyat - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berpikir Positif, Hasilnya Dahsyat


Edisi Minggu, 24 Oktober 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


PROSES berpikir yang menghasilkan energi yang positif, berpengaruh pada pemikiran dan sikap yang baik. Akan membuat tiap individu menjadi bersemangat, melakukan hal yang benar dan bahagia.

Berpikir positif adalah berpikir, menduga dan berharap hanya yang baik tentang  keadaan atau seseorang, tidak  berprasangka buruk tentang orang lain.

Tidak menggunjingkan hal buruk,  tidak menduga yang jahat tentang orang lain.  Bahkan tidak berprasangka buruk terhadap diri sendiri.

Selalu merasa sehat,  selalu yakin  sukses, yakin disukai banyak orang. Sehingga   kesuksesan pun diraih sebagai kenyataan.

Dampak  besar  bila   terlatih menggunakan pola pikir sedahsyat itu, karena sesungguhnya hidup ditentukan oleh pikiran.

Berpikir positif adalah kemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan perhatian pada sisi positif dari keadaan diri, orang lain, dan situasi yang dihadapi. 

Berpikir positif tidak  datang  sendirinya melainkan sebuah keterampilan yang harus dipelajari.

Sel-sel  tubuh  menterjemahkan yang ada dalam pikiran bawah sadar  ke  sebuah gerakan atau mekanisme. Misalnya ketika pikiran bawah sadar  bersedih, maka sel tubuh membentuk  mekanisme otomatis sehingga muncul  reaksi fisik pada tubuh, misalnya menangis dan lainnya.

Sel tubuh  tidak bisa membedakan  benar sedih atau tidak. Misalnya  menangis  karena menonton film sinetron atau menangis sesungguhnya.

Pikiran harus terbiasa positif, sehingga lebih mudah mencapai keinginan. Memilih pikiran positif dan memperkuat pikiran tersebut sehingga menjadi dominan. 

Jika tidak, maka pikiran  negatif  mudah masuk  dan mengendalikan hidup . 

Sistem tubuh tidak memiliki kemampuan membedakan mana perintah yang baik atau tidak sehingga sistem tubuh  menurut  yang diperintahkan oleh pikiran. 

Yang diperlukan adalah pikiran  harus memilih terlebih dahulu perintah yang diberikan kepada sistem tubuh.

Seseorang yang berpikir positif  tercermin melalui sikap, perkataan maupun perilaku dalam kehidupannya. 

Mereka yang berpikir positif  lebih sehat secara psikologis dibanding individu yang terbiasa berpikir negatif.

Melatih pikiran bawah sadar  adalah cara yang  ampuh untuk membiasakan diri berpikir positif. Salah satau caranya adalah melakukan hipnoterapi.

Bisa juga melakukan meditasi dengan menenangkan dan merilekskan tubuh  lalu tanamkan pikiran positif.

Menjelang tidur dan bangun tidur waktu yang tepat  melakukan self-talk alias berbicara   sendiri, ucapkankata-kata positif pada diri sendiri agar pikiran terlatih. (***)