Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Kantuk Berlebih Secara Benar

3 - pahami dan jaga kesehatan mental - atasi antuk berlebih secara benar - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Kantuk Berlebih Secara Benar

Edisi Minggu, 23 Oktober 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Rasa kantuk merupakan salah satu gejala biologis alami yang dialami oleh semua manusia di dunia ini. Rasa kantuk itu sendiri mensinyalkan bahwa tubuh  butuh istirahat atau tidur.

Setelah melakukan aktivitas berat seperti olah raga dan bekerja, biasanya akan mulai merasa ngantuk. Rasa kantuk sangat penting bagi manusia karena tanpa rasa kantuk, akan cenderung lupa bahwa tubuh  perlu istirahat dan tidur.

Tidur merupakan salah satu aktivitas terpenting dalam kehidupan manusia sehari hari dan merupakan suatu kewajiban. Tidak tidur selama lebih dari 24 jam dapat berpengaruh terhadap kesehatan, oleh karena itu rasa kantuk sangat dibutuhkan sebagai pengingat bahwa tubuh butuh tidur.

Sel-sel otot dan organ tubuh yang lelah dan membutuhkan regenerasi  mengirimkan sinyal lalu otak  memproses sinyal tersebut sehingga muncullah rasa kantuk.

Setelah tidur, tubuh kembali segar karena sudah mendapat cukup istirahat, otot  sudah rileks dan sel  sudah diregenerasi. Namun selain dengan tidur, rasa kantuk juga biasa diakali dengan beberapa cara seperti konsumsi kafein  seperti kopi atau obat obatan tertentu

Salah satu gangguan yang sangat sering dialami manusia terutama bagi orang dewasa yang memiliki banyak kegiatan adalah rasa kantuk yang berlebihan.

Rasa kantuk berlebihan adalah rasa yang terus muncul dan tak kunjung berhenti meski  sudah memiliki waktu istirahat dan waktu tidur yang cukup, obat-obatan dan kafein pun tidak memberikan pengaruh besar terhadap rasa kantuk  yang terus muncul.

Tentunya rasa kantuk yang berlebihan tersebut sangat mengganggu bagi yang memiliki banyak aktivitas penting seperti pekerjaan, karena  dapat menurunkan tingkat konsentrasi  secara drastis sehingga dapat berpengaruh buruk pada pekerjaan

Kurang waktu istirahat atau tidur merupakan alasan paling umum yang menyebabkan ngantuk berlebih.

Di usia produktif memang seringkali melupakan kebutuhan tubuh akan tidur dan istirahat. Ketika  mengalami gejala rasa kantuk berlebih segera sempatkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran

Kurang makan, kekurangan porsi olahraga. Insomnia, stress, dehidrasi atau gangguan kesehatan dapat menyebabkan rasa kantuk berlebih terhadap tubuh.

Jangan remehkan keadaan yang berlebihan, jika merasakan rasa kantuk yang tak kunjung berhenti meskim sudah cukup beristirahat dan konsumsi makanan sehat segera periksakan tubuh anda ke dokter karena kemungkinan anda terjangkit penyakit  seperti kanker dan ganguan di jantung.

Hipnoterapi merupakan salah satu alternative penyembuhan untuk merelaksasikan ketegangan otak dan bisa menetralkan kembali pikiran bawah sadar .

Dengan afirmasi positive bisa mewujudkan hal yang diinginkan, bangun dan tidur sesuai dengan waktu yang diinginkan. (*)