Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Cemas Berlebih dengan Hipnoterapi

2 - atasi cemas berlebih dengan hipnoterapi - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Cemas Berlebih dengan Hipnoterapi

Edisi Minggu, 11 Juni 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


KECEMASAN  merupakan hal yang normal dalam kehidupan. Bahkan, sedikit kecemasan sering kali bisa menjadi hal yang baik agar tetap waspada terhadap potensi bahaya, dan memotivasi  untuk menjalani hidup. Namun, kecemasan berlebihan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika sering terjadi.

Anxiety disorder, gangguan mental dengan rasa cemas berlebih adalah gangguan mental yang menyebabkan rasa cemas dan takut berlebih. Hal tersebut membuat seseorang menjadi tidak semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk hobi yang biasa digemari.

Faktor yang menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena gangguan cemas, yaitu: Faktor genetik. Stres berat yang berkepanjangan, misalnya akibat tekanan batin, masalah keluarga, atau kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi dan riwayat trauma psikologis di masa kecil.

Perasaan menjadi tegang,  tidak nyaman, merasa selalu dalam bahaya. Terkadang merasa gelisah atau tidak dapat duduk tenang.

Bicara berlebihan dan cepat, tidak bisa dikontrol. Menjadi sulit konsentrasi dan menjadi susah tidur.

Menceritakan apa yang sedang  dirasakan dan dialami kepada orang yang dipercaya, diketahui bisa meringankan kecemasan. Orang tersebut bisa saja  teman dekat, atau anggota keluarga, atau Hipnoterapis yang memahami.

Cobalah mencari support group yang beranggotakan orang dengan keluhan serupa. Dengan demikian satu dengan anggota lainnya bisa saling berbagi pengalaman serta tips mengenai cara mengatasi gangguan kecemasan.

Sediakan waktu untuk diri sendiri, misalnya dengan berjalan santai, melakukan meditasi, atau sekadar berendam di air hangat. Bila perlu, matikan telepon genggam selama beberapa saat agar  tidak terganggu.

Terkadang, rasa cemas dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon stres. Menyediakan waktu untuk diri sendiri dan melakukan relaksasi adalah salah satu cara yang bisa membuat diri merasa lebih tenang dan rasa cemas pun mereda.

Olahraga selain baik untuk kesehatan fisik, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Meskipun mungkin hubungan antara keduanya sulit dipahami, tapi penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meringankan gejala kecemasan.

Aktif secara fisik dapat membantu mengalihkan pikiran dari masalah yang mengganggu. Kegiatan ini juga memicu tubuh melepaskan endorfin, yang merupakan hormon perasaan baik alami.

Tanamkan dalam pikiran bahwa kecemasan yang timbul terkait pikiran atas sesuatu yang belum tentu terjadi. Hal tersebut mungkin saja tidak terjadi atau memang selama ini tidak ada yang terjadi.

Jika merasa memerlukan bantuan untuk mengatasi gangguan cemas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Hipnoterapis untuk memperoleh penanganan terapi psikis  secara tepat.

Kecemasan bukan penyakit berbahaya tetapi jika tidak ditangani dengan tepat akan mengganggu psikis seseorang dan dampaknya pasti akan menjalar ke daya tahan tubuh seseorang menjadi lemah.