Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mengendalikan Egois

5 - mENGENDALIKAN eGOIS -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speakingh


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mengendalikan Egois

Edisi Minggu, 31 Maret 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


EGOIS adalah perilaku yang cenderung mengutamakan diri sendiri tanpa memperhatikan kepentingan atau perasaan orang lain.

Dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari, egois dapat termanifestasi melalui sikap- yang menonjolkan kepentingan pribadi tanpa mempertimbangkan dampaknya pada orang sekitarnya.

Egois adalah tantangan dalam membangun hubungan yang sehat dan harmonis, karena individu yang bersikap egois mungkin kurang peka terhadap kebutuhan dan pengalaman orang lain.

Egois adalah sikap yang dapat merugikan interaksi sosial dan lingkungan sekitar. Dengan mengutamakan diri sendiri secara berlebihan, individu yang bersikap egois dapat membuat atmosfer yang kurang inklusif dan sulit untuk menciptakan kerjasama yang efektif.

Egois adalah hambatan dalam mencapai kesuksesan bersama, karena mereka mungkin enggan berbagi, tidak mendengarkan pendapat orang lain, dan kurang bersedia untuk berkorban demi kepentingan kelompok.

Perlu diingat bahwa egois adalah sifat yang dapat diolah dan dimodifikasi melalui kesadaran diri dan usaha yang konsisten.

Dengan membuka diri terhadap pemahaman, melibatkan diri dalam komunikasi terbuka, dan mengembangkan empati, seseorang dapat mengatasi perilaku egois dan berkontribusi pada penciptaan lingkungan yang lebih saling mendukung.

Kelemahan orang egois, kekurangan empati membuat orang egois sulit memahami dan merasakan perasaan orang lain. Mereka tidak mampu menyisihkan diri dari sudut pandang sendiri untuk melihat situasi dari perspektif orang lain.

Kebiasaan untuk bersikap egois membuat seseorang menjadi tidak sabar untuk selalu berkomentar tentang hal-hal yang tidak sesuai dengan penilaian atau harapan pribadi, terutama apabila hal tersebut menyinggung kepentingan pribadi.

Pengendalian diri yang baik adalah kunci untuk  mau mendengarkan dan menghargai orang lain karena sudut pandang orang lain bisa menjadi masukan yang berharga untuk pengembangan diri.

Penilaian yang buruk tentang orang lain yang belum teruji kebenarannya bisa menimbulkan kesalahpahaman yang berujung pada konflik dalam hubungan interpersonal.

Oleh karena itu, tanamkan kebiasaan untuk melihat hal-hal yang baik tentang orang lain sehingga dapat meminimalisir kecurigaan yang berlebih dan mendukung terjalinnya relasi yang hangat dengan orang lain.

Kendalikan egois dalam diri dengan belajar untuk melakukan introspeksi dirI, dengan mengambil waktu sejenak untuk melakukan refleksi dan evaluasi diri, apakah sifat egois di dalam diri sudah semakin berkurang, dan apakah  sudah berhasil mengembangkan hal yang positif di dalam diri.

Segala kemajuan yang terjadi di dalam diri, meskipun itu adalah kemajuan yang sedikit, kecil, atau sederhana,  perlu diapresiasi karena kita sudah mau melakukan upaya-upaya untuk mengurangi sifat egois di dalam diri.