Rubrik Power of Mind Radar Bali : Letih Psikis Lebih Melelahkan Daripada Letih Fisik


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Letih Psikis Lebih Melelahkan Daripada Letih Fisik
Edisi Minggu, 23 Agustus 2020

Salah satu tanda bahwa kita mengalami kelelahan psikis adalah selalu merasa kesepian dan sering menangis secara tiba-tiba. Merasa tidak punya siapa-siapa untuk berbagi perasaan dan hidup terasa hambar. Terkadang hal ini juga disertai dengan perasaan nyeri dan sesak di bagian dada.

Jika  pernah merasa fisik  dalam keadaan sehat dan sudah istirahat dengan cukup, tetapi  tetap merasa lelah sepanjang hari,  itu bisa jadi salah satu tanda bahwa sebenarnya kita mengalami kelelahan psikis.

Kesehatan tidak hanya diukur dari kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan psikis. Jadi, walaupun secara fisik terlihat baik-baik saja, tapi kalau psikis tidak sehat,  tetap harus mengobati masalah psikis yang sedang di alami.

Banyak sekali orang yang tidak sadar bahwa mereka mengalami kelelahan psikis sehingga mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.

Jika  tetap merasa lelah dan mengantuk walaupun sebenarnya sudah tidur cukup. Walaupun telah tidur malam selama 8 jam, tapi  tetap bangun dalam keadaan capek, mengantuk, hingga sulit bangun. Ini artinya kita hanya istirahat secara fisik saja tapi psikis belum istirahat. Sehingga, saat bangun dengan keadaan lelah dan menjalani hari dengan tidak semangat.

Hal lain adalah jika kita  mengalami emosi yang tidak stabil, menjadi sangat sensitif dan mudah marah untuk hal- hal kecil, alasan dari kemarahan pun seringkali tidak masuk akal. Bahkan terkadang setelah tertawa lepas, bisa langsung merasa sedih, marah, dan bad mood secara cepat. Kelelahan secara psikis dapat menyebabkan mengalami mood swing yang luar biasa drastis.

Ataupun jika merasa ingin menyendiri dan menghilang saja, karena kelelahan secara psikis membuat malas bertemu dengan orang lain dan berkomunikasi dengan mereka. Rasanya  ingin bersembunyi dan menghindar dari orang-orang yang biasa kita temui.

Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi asupan suplemen untuk memulihkan stamina tubuh dan yang paling mujarab adalah dengan pelepasan karena pada dasarnya sakit psikis tidak terjadi nya pelepasan pada saat sebuah tekanan terjadi secara terus menerus. Tertawa, adalah fungsi pelepasan yang alami, cobalah tonton sesuatu yang lucu dan paksakan untuk tertawa terbahak-bahak walaupun saat itu kita sedang tidak mood. Pastikan ketika tertawa terbahak-bahak, tubuh kita mengikutinya jadi jangan hanya tertawa di mulut tetapi seluruh tubuh ikut bergerak. Lakukan hal ini minimum 3 menit secara rutin.

Rajin dan rutin Olah Raga, adalah adalah fungsi pelepasan yang bukan alami, tetapi sangat efektif. Olah raga yang tepat adalah olah raga di mana kita bermain melawan seseorang, seperti tennis, badminton. Walaupun olah raga yang dilakukan sendiri seperti berenang dan jogging juga dapat di lakukan, tetapi membutuhkan durasi yang lebih lama dan energi yang besar untuk menghasilkan pelepasan yang di hasilkan bila kita olah raga melawan orang.

Kondisi keletihan psikis akan semakin cepat membaik jika kita mulai secara rutin untuk 10 menit sehari saja melatih seluruh indera untuk memfokuskan kedalam maka pelepasan akan terjadi secara alami.

Hipnoterapi sangat membantu untuk mengembalikan kondisi psikis yang terkuras karena ibarat nya me reinstall software dari virus yang menumpuk dalam pikiran bawah sadar, merefresh pikiran menjadi kembali segar.

Menjaga pikiran sama hal nya menjaga ruangan pribadi, tidak mengijinkan tamu-tamu yang tidak diundang untuk dengan sembarangan masuk artinya tidak membiarkan pikiran pikran negative berkeliaran yang ujungnya menjadi penyakit psikis.

0 Komentar