Rubrik Power of Mind Radar Bali : Jadilah Pribadi yang Menyenangkan

 

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Jadilah Pribadi yang Menyenangkan
Edisi Minggu, 27 September 2020

Menyenangkan memiliki arti dapat diterima oleh orang-orang di sekitarnya dan disukai oleh orang lain. Menjadi orang dengan tipe pribadi yang menyenangkan akan memiliki banyak teman, banyak relasi, dan dimudahkan segala urusannya karena banyak orang yang bersedia membantu.

Pernahkah Anda menyadari bahwa ada hal-hal menyenangkan yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan sehari-hari? Mungkin Anda ingin lebih dekat dengan orang-orang di sekitar. Meskipun Anda mungkin tidak akan menjadi pusat perhatian di setiap acara, Anda akan mampu menjalin hubungan yang lebih menyenangkan dengan orang lain dalam berbagai kegiatan. Mulailah dengan menemukan apa yang Anda sukai dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tentukan apa arti “menyenangkan” menurut Anda. Apa yang terasa menyenangkan tidak selalu sama bagi setiap orang,  dengan menunjukkan kelebihan Anda yang unik.

Lakukan aktivitas baru untuk memperluas zona kenyamanan. Jajaki aktivitas baru yang mungkin Anda sukai. Tinggalkan rutinitas sehari-hari untuk memperluas zona kenyamanan Anda. Lakukan aktivitas baru agar Anda bisa menikmati lebih banyak kesenangan, berkenalan dengan teman-teman baru, dan merasa lebih berani.

Kembangkan kepribadian Anda dengan melakukan aktivitas yang konkret. Keinginan Anda menjadi pribadi yang lebih menyenangkan bisa berarti menjadi orang yang lebih berani atau lebih ramah.

Biasakan membaca berita-berita yang lagi viral, agar memiliki wawasan luas dan generalis, saat diajak berbicara akan selalu nyambung. Pelajari cara mengenal orang lain melalui minatnya. Anda perlu mempelajari cara mengenal orang lain, meskipun  tidak tertarik dengan topik yang sedang dibahas. Percakapan adalah proses negosiasi timbal balik dengan orang lain yang bisa membahas topik apa saja. 

Menjadi pribadi menyenangkan dan dicintai orang lain sebetulnya mudah sekali untuk diterapkan dalam  kehidupan sehari–hari , berusahalah untuk  menyebutkan mama dan menyapa orang yang kita kenal terlebih dulu dengan senyum yang tulus.

Menghargai kepercayaan orang lain dan dapat dipercaya, selalu komitmen dengan apa yang telah diucapkan dan tidak pernah melanggar janji sendiri. Karena kepercayaan itu adalah hal yang tidah mudah diperoleh di dunia ini dan sangat mudah hilang, maka jika memperoleh kepercayaan jagalah dengan baik.

Memiliki etika yang baik dengan bersikap sopan santun terhadap orang lain, karena  etika komunikasi dan pergaulan itu sangat memberi penilaian terhadap kepribadian diri  sehingga kita pun lebih bisa mengenali diri , mengintropeksi diri dan mau mengakui kesalahan diri dalam sebuah hubungan pertemanan.

Karena musuh terbesar dalam diri manusia adalah bagaimana kita mengalahkan ego dalam diri sehingga kita juga mampu menjadi pendengar yang baik karena memang ternyata ketrampilan mendengar itu lebih sulit daripada ketrampilan berbicara.

Berempati terhadap orang lain juga sangat diperlukan tetapi bukan berarti kita sok kepo dengan urusan orang lain, selalu melakukan kebaikan–kebaikan kecil sehingga kita terbiasa melakukan kebaikan itu kapan saja dan dimana saja.

Melengkapi pribadi yang menyenangkan adalah bagaimana kita menjadi pribadi yang humoris, tidak mudah tersinggung ataupun sensitive sehingga teman-teman menjauh.

Hal ini semua bisa kita lakukan jika kita bahagia lahir dan batin, selalu mengarahkan pikiran ke hal-hal yang positive . Bersikap open mind  membuka pikiran untuk merubah diri menjadi lebih baik dan pribadi yang menyenangkan, change your mind change your world, Dengan merubah cara pikir maka kita akan bias merubah dunia.

Selamat mencoba.