Rubrik Power of Mind Radar Bali : Susah Tidur Karena Banyak Pikiran

Susah Tidur Karena Banyak Pikiran - Radar Bali Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking - Rubrik The Power of Mind

 Rubrik Power of Mind Radar Bali : Susah Tidur Karena Banyak Pikiran

Edisi Minggu, 21 Februari 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI


Saat seseorang mengalami susah tidur, biasanya ada faktor tertentu yang menjadi penyebabnya. Banyak pikiran atau stres adalah salah satu alasan utama yang seringkali diungkapkan. Seperti yang sering diungkapkan para pasien yang dating berkonsultasi ataupun melakukan hipnoterapi di tempat kami.

Kehidupan ini memang tak dapat lepas dari berbagai masalah penyebab stres, yang sering menjadi penyebab gangguan tidur. Meski begitu, sebenarnya kita masih tetap dapat mengendalikan stres akibat banyaknya pikiran, sehingga mampu memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur.

Stres merupakan respons terhadap peristiwa sehari-hari yang memengaruhi kondisi emosional, fisik, dan perilaku. Selain dapat membuat susah tidur, stres juga bisa memicu kecemasan, depresi, sulit konsentrasi, dan lain-lain.

Sebenarnya salah satu cara terbaik dalam mengatasi banyaknya pikiran atau stres adalah mencari tahu penyebabnya. Perhatikan kondisi atau kegiatan apa yang kemungkinan jadi penyebabnya. Masalah keuangan, masalah keluarga, masalah cinta, atau bahkan menyimpan rahasia soal masalah-masalah itu dapat menyebabkan susah tidur, bahkan dalam jangka panjang.

Sebaiknya lepaskan rasa khawatir setiap kali akan pergi tidur. Jika memang perlu memikirkan atau merencanakan sesuatu, lakukanlah setelah waktu tidur dan buat batasan berapa lama Anda melakukannya, atau tentukan target waktu untuk menyelesaikannya. Hal ini diharapkan mampu meminimalkan rasa khawatir dari banyak pikiran sebelum tidur.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menenangkan diri dari banyak pikiran yang bisa dilakukan agar tidur nyenyak. Di antaranya adalah dengan berdoa, meditasi, atau melakukan peregangan ringan yang membuat nyaman.

Selain itu, mulai mencoba untuk mengupayakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, membatasi waktu tidur siang, menghentikan konsumsi kafein dan rokok beberapa jam sebelum tidur. Cobalah memperbanyak buah dan sayuran, serta hindari gula berlebih.

Yang tak kalah pentingnya adalah berolahraga secara teratur, jadikan olahraga adalah sebagai suatu kebutuhan dan lakukan dengan senang hati,nyaman dan tidak usah terlalu berkelebihan memforsir diri.

Buat tempat tidur senyaman mungkin. Sesuaikan suhu ruang, lampu, dan banyak hal-hal lain yang dapat membuat tidur nyenyak.

Satu hal lagi yang penting Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak adalah dengan menerapkan “Sleep Hygiene”. Salah satu caranya dengan mematikan semua elektronik yang ada di kamar tidur, baik itu ponsel, laptop, maupun televisi. Mematikan atau meredupkan lampu kamar terkadang juga ikut membantu kenyamanan tidur yang lelap

Jika ternyata masih susah tidur, meski menjalankan berbagai cara  di atas, sebaiknya konsultasikan permasalahan  dengan Hipnoterapis yang anda yakini,  jangan biarkan kondisi banyak pikiran membuat susah tidur berlarut-larut, yang dapat membahayakan kesehatan.