Rubrik Power of Mind Radar Bali : Dahsyatnya Pengaruh Afirmasi

4 - Dahsyatnya Pengaruh Afirmasi - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Dahsyatnya Pengaruh Afirmasi

Edisi Minggu, 30 Mei 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Afirmasi diartikan dengan penegasan. Afirmasi mirip seperti doa, harapan atau cita-cita, hanya saja afirmasi lebih terstruktur dibandingkan dengan doa dan lebih spesifik.

Afirmasi  merupakan kalimat-kalimat positif atau sekelompok kalimat yang dirangkai menjadi satu, harus diselaraskan dengan hukum alam. Karenanya, ini merupakan kebenaran dan harus selalu demikian. Setiap afirmasi dinyatakan dengan keyakinan dan kepercayaan bahwa yang ditegaskan itu akan terwujud.

Afirmasi adalah sebuah pernyataan yang diucapkan untuk membawa perubahan pada diri seseorang. Ucapan afirmasi bisa disampaikan dalam bentuk inspirasi maupun pengingat akan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak. Orang yang kerap memberikan afirmasi positif pada dirinya sendiri, akan merasakan berbagai dampak menguntungkan.

Banyak contoh kecil lainnya yang dapat kita jadikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari tentang bagaimana kita mengungkapkan pujian kepada orang lain, meskipun pada sisi yang lain kita juga sebenarnya bisa melihat hal-hal negatif dari diri orang tersebut.

Dinamika kehidupan setiap saat dapat berubah, kadang bisa seperti badai yang tiba-tiba datang dan menghempas. Ketika kehidupan sedang tidak berpihak pada kita, tentunya kita tetap dapat menyikapinya dengan cara bijak, memandang dari berbagai sudut pandang, tetap tersenyum dengan disertai dorongan semangat untuk dapat kembali bangkit. Kehidupan terbangun atas pilihan-pilihan bukan atas dasar kesempatan.

Afirmasi positif bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya memiliki kondisi mental yang lebih baik, kesadaran  yang lebih tinggi, dan fisik yang lebih sehat. Afirmasi positif adalah pernyataan yang berulang kali diucapkan untuk menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dan mengubah cara pikir menjadi lebih positif.

Untuk memberikan afirmasi positif ke diri sendiri,  cukup mencari ucapan atau pernyataan yang diperlukan untuk membangun rasa percaya diri, mendorong perubahan positif, dan motivasi di dalam pikiran. Misalnya, orang yang sering takut berbicara di depan umum. Maka, contoh kalimat afirmasi positif yang bisa diucapkan adalah, “Saya  adalah orang yang berani dan bisa lancar persentasi di depan umum.”

Mengucapkan kalimat ini pada diri sendiri, mungkin awalnya akan terasa aneh. Namun, mengucapkan afirmasi positif secara teratur setiap hari pada diri sendiri memiliki manfaat yang luar biasa. Tanpa disadari, sugesti yang terus menerus Anda berikan ke diri sendiri itu akan terserap dengan baik dan menjadi kenyataan.

Untuk merasakan efek dari afirmasi positif, kita perlu melakukannya secara teratur. Sebaiknya  di lakukan pagi hari saat bangun pagi dan malam hari menjelang tidur, dimana gelombang otak kita dalam frekwensi Alfa Tetha . Kondisi gelombang otak yang paling tepat untuk diberikan nutrisi afirmasi.

Memberikan afirmasi positif juga tidak harus dilakukan secara verbal atau lisan. Bisa dengan menempelkan tulisan afirmasi tersebut di di benda-benda yang sering  digunakan seperti cermin atau menaruh tulisan di dalam dompet. Ataupun dapat menjadikannya latar untuk layar di ponsel atapun komputer.

Afirmasi  memilikii kekuatan, kata-kata yang positif dapat membuat kita termotivasi untuk menjadi lebih baik dan lebih semangat. Selamat mencoba….