Rubrik Power of Mind Radar Bali : Membuat Hidup Lebih Bermakna

3 - Membuat Hidup Lebih Bermakna - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Membuat Hidup Lebih Bermakna

Edisi Minggu, 15 Agustus 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


PERASAAN diartikan keadaan yang dirasakan sedang terjadi dalam diri seseorang. Perasaan mengandung adanya suatu pengalaman subjektif. 

Yang dirasakan satu orang dengan orang lain relatif sulit dibandingkan. Hanya diri sendirilah yang bisa mengalami perasaan yang muncul. 

Saat  merasa damai, maka diri sendiri yang mengalaminya. Rasa damai yang dirasakan oleh orang lain berbeda kadarnya

Mengalami perasaan marah, karena  merasakan adanya sesuatu yang bergejolak dalam diri .

Semua itu berawal dari diri sendiri, bukan orang lain yang menciptakan perasaan baik maupun buruk dalam diri.

Orang bilang  hidup harus belajar dari masa lalu. Namun jangan pernah jadikan masa lalu sebagai acuan hidup ke depan. Justru jadikan masa lalu sebagai cerminan diri untuk  lebih baik.

Jika merasa hari kemarin  tidak baik, berusahalah untuk mengubah itu semua. Ubah setiap tindakan atau sikap yang akan menuntun menjalani hari-hari yang baik.

Mengatur setiap kebiasaan, situasi mood, dan mencari tahu segala hal yang dimiliki dapat membantu perasaan  menjadi lebih baik lagi.

Cahaya ternyata sangat mempengaruhi suasana hati, kamar dengan cahaya yang terang kemungkinan besar  rentan mendapatkan suasana hati yang buruk, masalah kesehatan, gangguan tidur, bahkan penuaan dini.

Semakin gelap cahaya kamar, maka tidur atau istirahat  semakin nyaman, hal ini berpengaruh terhadap mood  dan perasaan baik yang akan dimiliki saat terbangun dari tidur.

Carilah Terapis yang dipercayai untuk berbagi keluh kesah yang dirasakan. Ceritakan hal-hal yang hanya diri  sendiri yang tahu. Dengan adanya kehadiran orang lain untuk menjadi pendengar, perasaan  akan jauh lebih baik lagi.

Memiliki perasaan yang baik bukan berarti tidak boleh merasa sedih, marah dan sebagainya. Luapkan Apa yang diasakan, Jika sedih, menangislah. Jika kesal, marahlah. Hal tersebut dapat membantu perasaan menjadi lebih baik .

Kelilingi diri  dengan orang-orang yang positif,  bekarakter penyayang dan penuh cinta, bisa menjadi terbawa suasana dan kebiasaan yang positif terhadap diri.

Rasa ingin tahu yang mendalam kadang menjerumuskan pada sumber negatif, salah satunya yang populer sekarang ini bisa didapatkan lewat media social, batasi membaca berita-berita negatif yang membuat diri  berpikiran negative.

Hidup bahagia bisa memperpanjang umur dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Perasaan bahagia adalah perasaan baik menghalau stress .

Perasaan dengan emosi positif  bukan hanya meningkatkan kesehatan fisik, tapi juga mendorong hubungan sosial seseorang menjadi lebih baik. ( ss )