Rubrik Power of Mind Radar Bali : Lakukan Terapi untuk Obati Kelelahan Mental

4 - Lakukan Terapi Untuk Obati Kelelahan Mental - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Lakukan Terapi untuk Obati Kelelahan Mental 

Edisi Minggu, 22 Agustus 2021


Ditulis Oleh :


Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


KELELAHAN mental  atau   fatique,  merupakan keadaan tubuh dan jiwa terasa letih bukan hanya  penat, tetapi lesu dan tidak bergairah. Menggambarkan keadaan fisik dan mental menjadi lelah dan lemah

Kelelahan  mental bisa terjadi pada setiap manusia yang mengalami stres jangka panjang. Itu dapat membuat  kewalahan dan terkuras  secara emotional.

Perasaan kesepian dan sikap tidak peduli  justru mendatangkan malapetaka pada semua aspek kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Terjebak dalam situasi dan seolah-olah memiliki kekuatan untuk melakukan sendiri, tetapi sebenarnya mengatasi kelelahan mental harus dengan bantuan.

Kelelahan mental menyebabkan gejala fisik maupun emosional. Berpengaruh pada perilaku,  bervariasi pada setiap orang. Dan sering kali terlihat secara bertahap selama periode stres yang ekstrem. 

Jika stres terus membebani,  mencapai titik tertinggi  ketika  merasa seolah  berada di lubang gelap dan tidak dapat melihat jalan keluar.

Banyak orang menyebutnya sebagai "kelelahan". Penting untuk mengenali  ini adalah tanda-tanda menuju kelelahan mental.

Tanda emosional dari kelelahan mental  termasuk depresi. gelisah, sinisme atau pesimisme, apatis (perasaan tidak peduli), marah ataupun sakit psikis lainnya.

Tanda-tanda fisik dari kelelahan mental seperti sakit kepala, sakit perut, pegal-pegal, perubahan nafsu makan ataupun gangguan tidur ataupun imunitas menurun.

Kelelahan mental menyebabkan perilaku tidak sesuai dengan karakter, seperti kinerja buruk di tempat kerja, menarik diri dari pergaulan atau isolasi social.

Saat terus  menghadapi hal yang mengaktifkan respons stres tubuh, kadar kortisol  tetap tinggi. Akhirnya mengganggu fungsi tubuh normal, seperti pencernaan, tidur dan sistem kekebalan tubuh. 

Pemicu kelelahan mental tidak sama untuk setiap manusia, penyebabnya adalah pekerjaan bertekanan tinggi, tekanan finansial dan kemiskinan, kehilangan orang yang dicintai.

Menyingkirkan pemicu  stres, meminta bantuan  atau mendelegasikan tanggung jawab adalah solusi meringankan kelelahan mental.

Bantuan Hipnoterapis yang dipercaya adalah cara lain membantu meringankan beban. Kelelahan mental bisa diterapi.

Meskipun bukan hal yang membahayakan, tetapi jika tidak ditangani dengan tepat,  kelelahan mental dapat membahayakan masa depan.