Rubrik Power of Mind Radar Bali : Tidur Bikin Otak Cerdas, Anti Lelet

2 - Tidur Bikin Otak Cerdas, Anti Lelet- Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Tidur Bikin Otak Cerdas, Anti Lelet

Edisi 8 Agustus 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


OTAK termasuk  organ vital dalam tubuh. Jika kondisinya buruk  bisa menyebabkan masalah pada berbagai organ dan mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat dengan saraf tulang belakang.

Otak manusia memiliki potensi kecerdasan luar biasa. Namun sayangnya, tak banyak orang yang menggunakannya dengan maksimal.

Dengan otak yang prima, manusia bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berbicara, bernapas, makan, minum, bergerak dan lainnya.

Kebiasaan yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan adalah belajar hal yang baru. Saat belajar hal baru, maka otak membangun koneksi antara neuron, serta mengganti  neuron yang hilang.

Belajar hal baru juga bisa mengembangkan pola pikir yang lebih baik, mendorong ketekunan dan ketahanan. Sehingga lebih siap menghadapi kegagalan maupun keberhasilan.

Tidur  sering dianggap  kegiatan yang tidak produktif, jangan sepelekan. Menurut penelitian, orang yang tidur minimal 7 jam setiap hari bisa memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidur kurang dari itu.

Tidur merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan otak. Sebab saat tidur, hormon berperan untuk meregenerasi sel otak. Selain itu, otak  merapikan dan mengelompokkan memori sepanjang hari sehingga ingatan bisa bertahan jangka panjang.

Kebiasaan lain yang bisa meningkatkan kecerdasan adalah berolahraga. Umumnya olahraga untuk diet atau menurunkan lemak, nyatanya olahraga juga bagus untuk kesehatan otak.

Olahraga rutin bisa meningkatkan kualitas  bekerja, daya ingat dan konsentrasi. Jenis olahraga yang bisa bikin otak cerdas adalah olahraga aerobik seperti joging, jalan cepat, berenang dan  senam.

Kebiasaan  baik untuk kesehatan otak selanjutnya adalah meditasi. Meditasi  rutin dibarengi dengan yoga, bisa meningkatkan daya ingat.

Meditasi bisa membuat otak cerdas karena fokus meningkat. Meditasi melatih  untuk tidak  mudah berpindah dari satu pikiran ke pikiran lain,  otak menjadi  terkontrol dan fokus.

Untuk kondisi pandemi  yang berkepanjangan seperti sekarang meditasi juga menjadi sarana  melatih pernapasan sehingga bisa mencegah kecemasan dan stres.

Adapula  berbagai permainan yang bisa menjadikan otak cerdas seperti catur, puzzle, teka-teki silang dan banyak  lainnya

Meningkatkan kesehatan otak tidak berkutat pada hal yang tegang atau  serius, melainkan juga bisa dari kegiatan ringan dan seru seperti bermain game.

Cara lain seperti beristirahat dan tertawa lepas juga dapat menstimulasi otak bekerja lebih pintar dan cerdas.

Otak dan otot itu sama harus dilatih, karena jika tidak maka menjadi kendor sebelum waktunya.