Rubrik Power of Mind Radar Bali : Menjaga Kesehatan Mental Tiap Individu

2 - menjaga kesehatan mental tiap individu  - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Menjaga Kesehatan Mental Tiap Individu

Edisi Minggu, 10 April 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator 


Kesehatan mental adalah bagian dari kesehatan yang tidak bisa diabaikan. Sehat secara mental adalah keadaan ketika individu merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, ataupun secara sosial.

Kesehatan mental berpengaruh terhadap cara seseorang berpikir, merasa, bertindak, serta membuat keputusan, juga bagaimana seseorang menangani stres dan berinteraksi dengan orang lain.

Kesehatan mental merupakan hal penting yang perlu dijaga.  tidak hanya berlaku pada orang dewasa yang sedang produktif, anak-anak, remaja, bahkan orang lanjut usia pun harus peka dan sadar.

Memliki kesehatan mental  yang prima bisa beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal.

Mampu berpikir secara positif dan jernih ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan. Hal ini akan menuntun diri  untuk menjadi lebih baik dalam menyikapi masalah.

Mental yang sehat juga baik untuk kehidupan sosial. Orang dengan mental yang sehat  dapat berkomunikasi lebih baik, mudah bergaul, dan memiliki pertemanan yang sehat.

Sehingga mampu memberikan kontribusi yang baik pada komunitas atau orang-orang di sekitarnya.

Pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Membuktikan  seseorang dengan kesehatan mental yang baik berisiko lebih rendah terhadap penyakit kronis, seperti stroke, diabetes , dan penyakit jantung.

Faktor yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, dari faktor keturunan, trauma masa lalu, pelecehan seksual atau  fisik, gaya hidup yang tidak sehat, hingga cedera pada otak.

Berada pada situasi pandemi, seperti pandemi COVID-19 sekarang ini, juga bisa membuat orang lebih rentan mengalami penyakit mental.

Agar dapat beraktivitas dan berinteraksi dengan baik dalam masyarakat serta terhindar dari penyakit mental, penting senantiasa menjaga kesehatan mental.

Yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mental adalah menghargai diri sendiri, dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Selalu melihat sisi positif dari suatu masalah ,dan memperlakukan diri seperti  memperlakukan orang lain yang disayang

Menerapkan pola hidup yang sehat, seperti konsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup dan pikiran yang positive.

Jika  mengalami tanda gangguan mental atau memiliki keluarga maupun kerabat yang memiliki masalah ini, segera meminta bantuan Hipnoterapis. Dengan penanganan yang tepat, gangguan mental akan bisa dikendalikan dan  bisa menjalani hidup yang lebih berkualitas dan bahagia.