Rubrik Power of Mind Radar Bali : Solusi Keluar dari Perasaan Tertekan adalah Hipnoterapi

3 - SOLUSI ATASI PERASAAN TERTEKAN ADALAH HIPNOTERAPI  - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Solusi Keluar dari Perasaan Tertekan adalah Hipnoterapi

Edisi Minggu, 17 April 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator 


PERASAAN  tertekan merupakan kondisi lumrah yang akan  dialami ketika dituntut  melakukan  sesuatu  kewajiban. Perasaan itu  muncul karena adanya kecenderungan atas ketidakmampuan dalam memenuhinya.

Akibat perasaan tertekan tentu diri akan merasa tidak bahagia dan tidak jarang berakibat depresi atau gangguan mental.

Hal yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah memulai dengan memahami kemampuan diri  untuk bisa mengendalikan perasaan yang tertekan

Perlu disadari bahwa tidak semua hal bisa atau mampu dilaksanakan karena suatu keterbatasan baik keahlihan ataupun waktu yang dimiliki.

Ketika  telah menyadari kemampuan dan keterbatasan, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyikapi setiap kewajiban yang timbul dengan bijak.

Jangan pernah menunda melaksanakan kewajiban, apalagi mau menerima  hal yang tidak mampu di selesaikan karena  memiliki keterbatasan baik kemampuan atau waktu.

Jangan pernah terbawa perasaan "baper" ketika berinteraksi dengan orang lain dalam melaksanakan kewajiban.

Baper (Bawa Perasaan), sangat perlu menjadi perhatian, karena berpotensi menjadi hambatan  dalam penyelesaian suatu kewajiban.

Baper menjadi sifat alamiah dari manusia yang akan mempengaruhi seseorang dalam bertindak hal-hal yang hanya membuang  waktu.

Ketika telah menerapkan prinsip untuk menyikapi keterbatasan kemampuan dan waktu, maka yang harus dilakukan adalah menentukan prioritas tujuan.

Keterbatasan kemampuan dan waktu sebenarnya bukan penghalang  untuk mencapai  prioritas tujuan.

Yang perlu disadari ada hal yang  tidak mungkin, tetapi menurut orang lain itu mungkin dan begitupun sebaliknya.

Harus membuka diri dan berbagi dalam hal itu, sehingga keterbatasan kemampuan dan waktu tidak menjadi penghalang lagi untuk mencapai prioritas tujuan.

Dengan memahami kemampuan dan keterbatasan diri, menyikapi keterbatasan kemampuan dan waktu dengan bijak serta bisa menentukan prioritas tujuan dan terbuka dengan orang lain.

Maka kemampuan mengendalikan perasaan tertekan yang ada pada diri sudah bisa diatasi. Dan tentu, tidak tertutup kemungkinan untuk bisa merasakan kebahagiaan dalam keseharian.

Tapi jika belum mampu mengendalikan rasa tertekan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kemungkinan ada yang tersumbat dalam pikran bawah sadar.

Hal ini  bisa diatasi dengan Hipnoterapi yang mampu menguras kotoran masa lalu disebabkan faktor psikis sehingga pikiran kembali berfungsi normal dan hidup menjadi bahagia.