Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Lelah Batin Penyebab Turunnya Produktivitas

1 - atasi lelah batin penyebab turunnya produktivitas - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Lelah Batin Penyebab Turunnya Produktivitas 

Edisi Minggu, 3 Juli 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


LELAH  batin adalah faktor psikis yang dialami oleh tubuh, terkadang manusia tidak menyadari tanda lelah batin karena menganggap hal sepele dan akan sembuh seperti sedia kala.

Nyatanya, tidak semua lelah batin akan sembuh jika tidak dikenali sejak dini. Penting mengetahui tanda lelah batin untuk mengantisipasi hal buruk yang terjadi.

Penyebab lelah batin karena kurangnya kepekaan dalam diri atau bisa dari berbagai faktor masalah yang sedang dialami.

Lelah batin mengakibatkan tingkat sensitivitas meningkat, seperti mudah tersinggung terhadap segala hal yang berada disekitarnya.

Lelah batin  berdampak pada sifat ceroboh, seperti menjadi tidak sabaran dan mudah marah. Hal lumrah tetapi mempengaruhi psikis dalam tubuh dan lelah batin pun hadir dari kondisi yang tidak terduga.

Penurunan produktivitas mengacu pada lelah batin karena tidak termotivasi untuk melakukan segala sesuatu, sekalipun hal yang disukainya.

Ciri ini menandakan bahwa lelah batin tidak memandang kesukaan tetapi akan menurunkan prodktivitas cairan dalam tubuh.

Lelah batin ditandai dengan paranoid yaitu merasa takut dan mudah gelisah secara berlebihan. Dihantui masa depan yang bimbang, lelah batin menguji mental setiap manusia

Sifat Moody atau berubahnya mood dan perasaan dalam satu waktu ialah tanda lelah batin. Kerap kali manusia yang sedang lelah batin akan menangis sendiri tanpa tahu alasan pasti penyebab ia bersedih.

Tanda lelah batin lainnya yaitu mengasingkan diri, merasa bahwa dirinya hanya sendiri dan orang sekitar tidak memahaminya. Nyatanya, diri sendirilah yang asing dengan dunia luar dan hanya mengurung diri di kamar.

Lelah batin akan menguras kinerja hati dan pikiran karena otak dipaksa untuk overthinking terhadap segala sesuai sehingga menjadi tidak nyaman. Ketika lelah batin melanda, tidur tidak nyenyak dan bangun tidak segar.

Kenali tanda lelah batin sejak dini sehingga bisa mengendalikan diri secara maksimal, dan produktif kembali menjalani segala aktivitas sehari-hari.

Kondisi batin yang tertekan tentu perlu diatasi dengan tepat. Jika tidak, dapat mengakibatkan gangguan mental, depresi, dan kecemasan.

Jika terus berlarut-larut, bisa menimbulkan perilaku yang membahayakan diri dan orang lain. Untuk itu penting mengenali lebih dalam, agar terhindar dari tingkat tekanan batin yang lebih jauh atau segera berkonsultasi dengan hipnoterapis untuk segera dilakukan terapi khusus  pikiran bawah sadar.

Lelah batin adalah fenomena dari dalam diri. Sehingga rasa keterpurukan perlu dilakukan hal-hal yang sifatnya dapat menenangkan batin untuk segera bangkit kembali seperti sedia kala. (*)