Rubrik Power of Mind Radar Bali : Luka Batin Terobati dengan Hipnoterapi

1 -LUKA BATIN TEROBATI DENGAN HIPNOTERAPI -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Luka Batin Terobati dengan Hipnoterapi

Edisi Minggu, 14 Agustus 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


LUKA batin adalah luka yang terjadi pada lapisan batin yang terdalam akibat suatu tekanan yang terjadi secara luar biasa berat atau terjadi secara terus menerus.

Batin yang terluka akan menimbulkan kesedihan yang mendalam, perasaan tidak menentu, kemarahan, emosi tidak terkendali, kejengkelan, hidup tidak terarah, sesekali timbul keinginan mengakhiri hidup yang terasa pahit.

Luka batin adalah semacam trauma yang dirasa amat sangat menyakitkan yang terjadi dari suatu peristiwa tidak menyenangkan yang kita alami pada masa lalu. Jika, dibiarkan maka akan menjadi kerak dan berdampak terhadap kehidupan kita.

Luka batin adalah salah satu bentuk trauma yang dialami oleh banyak orang. Umumnya hampir semua orang pernah mengalami luka batin dengan kadar yang berbeda-beda dari ringan sampai sangat berat suatu saat dalam masa hidupnya, baik terjadi saat usia kecil, remaja, dewasa maupun usia tua.

Berat ringannya luka batin yang dialami seseorang sangat relatif dan sangat tergantung bagaimana pemaknaan seseorang terhadap peristiwa atau situasi dan kondisi yang dialaminya.

Luka batin yang ringan umumnya dapat memudar dan sembuh dengan seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kesadaran seseorang. Namun luka batin yang mengandung muatan emosi yang sangat berat, umumnya akan terus dirasakan dalam diri seseorang dan menyiksa orang tersebut.

Luka batin yang umum terjadi yaitu antara orang tua dan anak, misal anak kurang ajar terhadap orang tuanya sehingga orang tuanya sakit hati, atau sebaliknya, anak yang mau dibuang oleh orang tuanya atau anak yang merasa tidak disayang oleh orang tuanya.

Antar pasangan, baik yang masih dalam taraf pacaran ataupun sudah suami istri. Sesuai dengan namanya luka batin, perasaan yang umumnya dirasakan orang yang menderitanya adalah antara lain: terluka, sakit hati, benci, dendam, kemarahan yang luar biasa, dan perasaan dengan muatan emosi kuat.

Luka batin umumnya terjadi saat seseorang merasa diserang atau dilukai citra dirinya atau harga dirinya. Saat seseorang merasa orang lain menyerang secara fisik atau mental  baik ini secara nyata maupun hanya menurut persepsinya dan terkena harga dirinya.

Secara otomatis akan timbul suatu pemaknaan pada diri orang yang terkena tersebut, merasa direndahkan, dihina, tidak dihargai, dikhianati, dan pemaknaannya menghasilkan emosi-emosi negatif yang kuat perasaan.

Luka batin juga terjadi saat seseorang masih kecil dan kemudian luka batin tersebut akan menjadi makin kuat karena seseorang mengalami peristiwa-peristiwa yang oleh pikiran bawah sadarnya dikelompokan sebagai sesuatu yang dianggap mirip dengan peristiwa awal penyebab luka batin sehingga emosinya jadi makin kuat

Hipnoterapi adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi luka batin. Emosi-emosi negatif tersebut timbul karena pemaknaan seseorang akan situasi dan kondisi yang dialaminya.

Dengan  hipnoterapi emosi-emosi negatif yang timbul tersebut dapat dilepaskan dan kemudian pikiran bawah sadarnya bisa diedukasi ulang atau dilakukan pemaknaan ulang dengan sudut pandang yang berbeda terhadap peristiwa yang dialami seseorang tersebut, sehingga setelah terapi, memori atau ingatan akan peristiwa tersebut tidak lagi menimbulkan emosi negatif  pada diri seseorang. (***l