Rubrik Power of Mind Radar Bali : Pahami dan Jaga Kesehatan Mental

3 - pahami dan jaga kesehatan mental - MENGUSIR KEGALAUAN DENGAN AFIRMASI POSITIF - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking



Rubrik Power of Mind Radar Bali : Pahami dan Jaga Kesehatan Mental

Edisi Minggu, 16 Oktober 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


KESEHATAN  mental yang baik adalah kondisi ketika batin seseorang berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan diri untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup bisa menurun.

Seseorang dapat dikatakan sehat secara mental ketika  merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, maupun sosial. Kesehatan mental berpengaruh terhadap bagaimana seseorang berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain.

Kepekaan dan kesadaran terhadap kesehatan mental tak hanya berlaku pada orang dewasa yang sedang produktif, tetapi juga anak-anak, remaja, bahkan lansia.

Orang dengan kesehatan mental yang prima dapat beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal. Ia juga mampu berpikir positif dan jernih ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan. Hal ini akan menuntun dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dalam menyikapi masalah.

Mental yang sehat juga baik untuk kehidupan sosial. Orang dengan mental yang sehat dapat berkomunikasi lebih baik, mudah bergaul, dan memiliki pertemanan yang sehat. Ia juga lebih mampu memberikan kontribusi yang baik kepada komunitas atau orang-orang di sekitarnya.

Kesehatan mental juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Seperti kata pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, seseorang dengan kesehatan mental yang baik terbukti berisiko lebih rendah terkena penyakit kronis, seperti stroke, diabetes , dan penyakit jantung.

Banyak faktor yang  mempengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, mulai dari faktor keturunan, trauma masa lalu, pelecehan seksual atau pelecehan fisik, gaya hidup yang tidak sehat, hingga cedera pada otak ataupun pada situasi sulit dalam kehidupannya.

Untuk menjaga kesehatan mental hargai diri sendiri, yang paling utama adalah dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Penting untuk diingat bahwa kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dan harus dipelihara sebaik mungkin. Lakukan cara menjaga kesehatan mental  agar fisik, psikis, emosi, dan kehidupan sosial selalu dalam kondisi yang baik.

Jika  merasa mengalami tanda gangguan mental atau memiliki keluarga maupun kerabat yang memiliki masalah ini, jangan malu untuk meminta bantuan Hipnoterapis.

Hipnoterapi adalah metode terapi tidak menggunakan obat apapun, tetapi dengan tehnik hipnosis yaitu   masuk dalam pikiran bawah sadar, membuang kotoran dan sampah pikiran yang tak perlu agar gudang data pikiran kembali fresh dan sehat.

Dengan penanganan yang tepat, gangguan kesehatan mental akan bisa dikendalikan dan setelah itu  bisa menjalani hidup yang lebih berkualitas dan bahagia. (*)