Rubrik Power of Mind Radar Bali : Healing dengan Hewan Kesayangan

3 - healing dengan hewan kesayangan - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Healing dengan Hewan Kesayangan

Edisi Minggu, 20 September 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SAAT berolahraga di lapangan umum atau di tepi pantai, sering terlihat banyak orang berolahraga bersama hewan kesayangannya.

Dilansir Pet Helpful, hewan peliharaan bermanfaat untuk kesehatan mental manusia , seperti menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

Manfaat secara fisik pun bisa menurunkan tekanan darah, bahkan mengurangi risiko serangan jantung.

Sebuah studi menjelaskan bahwa memiliki hewan peliharaan akan membuat manusia merasa bahagia. Dengan bahagia, maka hidup  akan jauh dari stres sehingga membuat kehidupan jauh lebih baik.

Saat  merasa jenuh dengan rutinitas yang dijalani setiap hari bermain bersama hewan peliharaan akan terhindar dari rasa jenuh dan stres.

Memiliki hewan peliharaan sebenarnya  sedang belajar untuk bertanggung jawab. Belajar untuk bertanggung jawab merawat hewan peliharaan, memberi makan, membersihkan kadang dan merawatnya termasuk mengajaknya untuk berolahraga.

Saat  memelihara hewan, maka  akan belajar lebih peka. Hewan juga makhluk hidup yang tentu juga memiliki perasaan, dengan memiliki hewan peliharaan maka  akan lebih peka dan lebih belajar untuk memahami.

Begitu banyak manfaat yang diperoleh dari memelihara hewan. Saat memelihara hewan termasuk juga untuk menyayangi dan menjaganya. Mereka juga makhluk hidup yang butuh perhatian dan kasih sayang.

Hidup  sepi dan butuh sahabat yang bisa menerima apa adanya , bisa dipikirkan solusinya yaitu  memelihara hewan peliharaan.

Menyayangi hewan adalah salah satu bentuk healing , karena bisa membahagiakan diri sendiri.

Healing berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan menurut kamus besar bahasa Inggris terjemahan Indonesia mengacu pada arti penyembuhan.

Lingkup penyembuhan dari kata healing sendiri sebenarnya cukup besar. Arti healing juga dapat dikaitkan dengan penyembuhan jiwa, perasaan, batin, maupun pikiran.

Healing tidak hanya bisa dilakukan dengan rekreasi ke tempat wisata atau mengkonsumsi makanan yang disuka ataupun berbelanja barang-barang yang disuka, tetapi healing juga bisa dilakukan dengan olahraga  ditemani dengan hewan peliharaan.

Manfaat healing secara keseluruhan adalah dirinya dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan atas tindakannya dan lebih produktif ketika melakukan pekerjaan apapun.

Healing time artinya adalah waktu penyembuhan. Bisa dibilang, healing time merupakan waktu istirahat yang dilakukan untuk menyembuhkan diri agar siap beraktivitas seperti semula.

Di waktu ini, seseorang akan menghibur diri, mencari ketenangan, dan menjernihkan pikiran termasuk mengajak bermain hewan kesayangannya.

Sebagai manusia harus menyayangi hewan dan bentuk syukur  atas kehidupan yang dimiliki.