Rubrik Power of Mind Radar Bali : Jaga Kesehatan Mental, Hidup Bahagia

3 - Jaga Kesehatan Mental, Hidup Bahagia - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Jaga Kesehatan Mental, Hidup Bahagia

Edisi Minggu, 18 Desember 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


KESEHATAN mental begitu istimewa, hingga WHO menetapkan setiap  10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Ditetapkannya momen ini memiliki tujuan, mengkampanyekan kesehatan mental dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai isu yang relevan dengan kesehatan mental.

Mencakup kesehatan emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental sangat penting pada setiap tahap kehidupan, dari kecil hingga dewasa. Mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari

Sangat penting pada setiap tahap kehidupan, dari kecil hingga dewasa.

Mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak dalam hidupnya.

Kesehatan mental juga membantu seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Bila terjadi gangguan mental merupakan penyakit serius yang dapat mempengaruhi pemikiran, mood, dan perilaku.

Orang dengan kesehatan mental yang prima dapat beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal.

Mampu berpikir positif dan jernih ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan. Hal ini akan menuntun diri  menjadi pribadi yang lebih baik dalam menyikapi masalah.

Mental yang sehat juga baik untuk kehidupan sosial. Orang dengan mental yang sehat dapat berkomunikasi lebih baik, mudah bergaul, dan memiliki pertemanan yang sehat.

Kesehatan mental juga dapat memengaruhi kesehatan fisik. Seperti kata pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, seseorang dengan kesehatan mental yang baik terbukti berisiko lebih rendah terkena penyakit kronis, seperti stroke, diabetes dan  jantung.

Banyak jenis dari gangguan mental dan gejala yang bervariasi seperti anoreksia, depresi, gangguan kecemasan, gangguan adiksi, skizofrenia, dan lainnya.

Penanganan terhadap orang yang mengalami gangguan pada kesehatan mental tergantung dari tipe gangguan itu sendiri. Namun, pada dasarnya pengobatan yang dapat dilakukan meliputi obat-obatan dan psikoterapi.

Pengobatan kasus gangguan mental yang berat juga mencakup beberapa ahli seperti dokter ahli kejiwaan, dokter umum, anggota keluarga, dan juga melibatkan hipnoterapis. (*)