Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Cemas Berlebih dengan Hipnoterapi

2  -Atasi cemas berlebih dengan hipnoterapi -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Cemas Berlebih dengan Hipnoterapi

Edisi Minggu, 12 Maret 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Anxiety disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan rasa cemas dan takut berlebih. Hal tersebut membuat diri menjadi tidak semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk hobi yang biasa digemari.

Rasa cemas ini akan berlangsung intens dalam jangka waktu yang panjang. Seringkali dengan ketakutan ini membuat penderitanya cepat lemas secara fisik.

WHO menyatakan jika terdapat  301 juta orang memiliki gangguan mental ini di dunia, dimana 58 juta penderita anxiety disorder adalah anak-anak dan remaja.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, gangguan kecemasan berada di peringkat 2 dari 10 penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dari tahun 1990-an sampai 2017.

Gejala awal anxiety disorder yang dirasakan penderitanya adalah perasaan gugup hingga jantung berdegup kencang.

Tubuh dan pikiran  sulit untuk mengendalikan emosi saat menghadapi suatu objek. Ketakutan dan kekhawatiran itu bisa membuat seseorang  memiliki serangan panik (panic attack).

Gejala umum dari anxiety disorder adalah kecemasan yang sulit dikontrol, gelisah dan panic,kelelahan, akan tetapi sulit tidur. Sulit berkonsentrasi,mudah marah dan terpancing emosi dan masih banyak lagi lainnya

Gangguan mental yang berdampak pada kekhawatiran berlebih ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya genetik yang diturunkan dari keluarga. hormon yang terlepas dalam otak, sehingga meningkatkan denyut nadi dan pernapasan.

Lingkungan yang memicu stres dan membuat ketakutan, seperti lokasi dimana terjadi pelecehan, kekerasan, kematian ataupun penyalahgunaan obat-obatan, ataupun kondisi medis yang tidak stabil, seperti pada organ jantung, paru-paru, tiroid.

Para peneliti menyimpulkan jika penyebab gangguan kecemasan berasal dari otak yang membentuk respon rasa takut melalui ingatan dan memori dari objek yang pernah dirasakan.

Pengobatan alternatif ini berfungsi untuk mengelola stres dan mengobati kecemasan. Aktivitas pendukungnya adalah yoga, meditasi, hingga membuat strategi untuk hidup secara mindfulness.

Obat-obatan yang direkomendasikan bukan terfokus untuk penyembuhan anxiety disorder, tetapi untuk memperbaiki gejalanya

Kecemasan dapat mengganggu keseharian jika tidak dicegah dengan pola hidup yang sehat. Maka dari itu, cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mental  agar aman dari rasa cemas yaitu dengan  tidur cukup,aktif berolahraga,melakukan meditasi untuk melatih pernapasan dan mengendalikan emosi serta mengatur pola makan sehat.

Bergabung ke komunitas dengan kegiatan yang disukai. Selain melakukan hobi,  juga bisa bersosialisasi.

Melakukan sesi konseling dengan hipnoterapis untuk mendapatkan terapi atau healing mendalam melepas  semua ketakutan yang tersimpan dalam bawah sadar agar bisa pulih seperti sedia kala