Rubrik Power of Mind Radar Bali : Healing Sembuhkan Luka Batin

1 -Healing sembuhkan luka batin - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Healing Sembuhkan Luka Batin

Edisi Minggu, 5 Maret 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


DEFINISI healing untuk kesehatan mental yaitu proses penyembuhan atau pemulihan diri sendiri dari sakit hati, kepahitan di masa lalu, ataupun trauma yang pernah dialami.

Psikolog Anak dan Keluarga Astrid WEN menyatakan healing itu bukan bentuk dari traveling ataupun waktu istirahat dari rutinitas.

Proses healing sebenarnya dipandu oleh ahli jadi ada yang guide atau mungkin dipandu oleh mentor yang memang memiliki spesialisasi dalam proses pemulihan tersebut

Menurut Psychology Today, salah satu tujuan penting dalam healing adalah membentuk penerimaan diri dan membangun pikiran positif dari hal-hal yang telah dilalui.

Hal ini berarti, healing dilakukan dengan cara memfokuskan diri pada hal-hal atau aktivitas yang membuat diri merasa lebih baik serta terhindar dari pikiran-pikiran negatif

Setiap orang memiliki kebutuhan healing yang berbeda. Selain itu seseorang yang akan melakukan healing juga perlu kesadaran ada sesuatu hal yang dipulihkan dalam dirinya.

Saat melakukan proses penyembuhan, diperlukannya suasana yang tenang kemudian dilanjutkan dengan merefleksikan diri.

Mencari tahu  penyebab trauma atau permasalahan yang dihadapi selama ini. Apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik ke depannya, apa yang sebenarnya menjadi sumber masalah selama ini.

Jadi healing  sebenarnya memberikan waktu untuk berani melihat masalah ini dan kemudian melakukan suatu perencanaan tindakan di masa depan.

Menurut  studi yang diterbitkan jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, cara terbaik untuk healing demi menjaga kesehatan mental ternyata adalah dengan rehat sejenak dari media sosial.

Healing seringkali disalahartikan sebagai traveling ke luar kota. Dalam kegiatan itu seseorang banyak melakukan kesibukan tanpa sempat mengevaluasi diri sendiri.

Traveling ataupun staycation sangat bermanfaat ketika dimanfaatkan untuk berpikir sejenak dari kelelahan bekerja atau menenangkan diri dan siap beraktivitas kembali.

Jangan pernah ragu untuk mencari bantuan hipnoterapis, bila  merasa kesulitan dan tidak sanggup melepaskan diri dari pengalaman dan rasa trauma yang menyakitkan,

Jangan takut karena seorang hipnoterapis profesional telah memiliki pengalaman dan hadir untuk mengarahkan mengambil keputusan yang tepat untuk terlepas dari hal-hal yang membuat trauma tersebut.

Healing adalah penyembuhan batin dari segala hal buruk atau negatif. Dengan penyembuhan bara masa lalu itu tentunya bisa membuat kesehatan mental terjaga dengan baik. Menjalankan aktivitas sehari-hari pun terasa lebih lancar.