Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Mental Block Penghambat Kesuksesan

1 - Atasi Mental Block Penghambat Kesuksesan - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking




Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Mental Block Penghambat Kesuksesan

Edisi Minggu, 2 April 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


MENTAL block adalah bentuk ketidakyakinan dalam diri yang berasal dari pikiran bawah sadar yang akan di transfer ke pikiran sadar.

Jika  mental block tidak diatasi, pikiran bawah sadar akan menyabotase segala upaya apapun sehingga menghambat kesuksesan seeorang

Semua mental block sangat mewakili perasaan tidak yakin akan diri manusia. Bila ingin meraih kesuksesan di segala bidang,  harus mengubah perasaan tidak yakin menjadi yakin, bahwa diri mampu mencapai suatu tujuan yang ditetapkan secara sadar.

Ciri  orang yang mengalami gejala mental block biasanya akan mengalami  hal seperti: takut sukses, takut gagal, tidak berani mencoba hal baru, malas, khawatir, ragu akan kemampuan yang dimiliki, cemas berlebihan, suka menunda, konflik diri, rendah diri, tidak percaya diri, plinplan, perasaan tidak berharga, tidak mampu, tidak berdaya, mudah tersinggung, dan perfeksionis.

Mental block  akan menghambat kinerja seseorang menjadi lebih buruk, tidak ada motivasi hidup, produktivitas menurun, hingga kehilangan potensi diri.

Tetapkan target dan impian yang telah dirancang sebelumnya, fokus pada tujuan dan mengabaikan pada sesuatu yang tidak penting dan menggangu kesehatan mental.

Jika sudah merasa tidak ada kenyamanan dalam pikiran maka segera lakukan meditasi otak untuk menghindari pikiran negatif yang masuk. Munculkan pikiran positif dengan sering mengungkapkannya maka pikiran bawah sadar  akan merespon baik.

Segera merespon dan mengevaluasi hambatan yang dirasakan seperti perasaan malas, tidak berdaya, suka menunda, dan takut untuk melakukan sesuatu dengan program kesadaran otak bahwa hal tersebut harus segera diatasi jika tidak maka pikiran  terbawa pada pikiran bawah sadar yang buruk

Menerima dan jujur dengan melihat realitas pada kehidupan yang sedang dijalani, tidak perlu menghukum diri untuk selalu perfeksionis dalam hal yang dikerjakan.

Perfeksionis akan bernilai sangat baik ketika  mampu mengendalikan sifat tersebut dengan kesadaran mental yang positif.

Dengan perfeksionis tersebut  akan lebih mudah merencanakan sesuatu dengan struktur yang baik. Namun, sebagian orang mengartikan bahwa perfeksionis hanya akan menghambat sebuah kesuksesan karena kegagalan dan tidak mampu menerima keadaan.

Memulai sesuatu dari yang mudah dilakukan membuat diri akan lebih merasa ringan dibandingkan dengan memulainya dengan hal yang paling sulit.

Memulai dari hal kecil akan meringankan beban pikiran dan menjaga mental tetap seimbang, jangan memaksakan untuk melakukan yang ada di luar kendali  yang bersangkutan dengan apa yang belum tentu terjadi seperti kekhawatiran akan masa depan, rizki, atau hal-hal kecil seperti pendapat orang lain terhadap , pandangan orang lain terhadap , itu semua diluar kendali  atau hanya diperuntukan bagi pikiran saja.

Mental block memang sangat mengganggu dan menghambat dalam kesuksesan seseorang dalam meraih tujuan hidup, cita-cita, dan keinginannya. Namun, mental block masih bisa  diatasi dengan mudah