Rubrik Power of Mind Radar Bali : Sehat Butuh Support System

2 -Sehat Butuh Support System - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Sehat Butuh Support System

Edisi Minggu, 16 April 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SUPPORT System penting untuk kesehatan mental karena memberikan rasa kebersamaan dan memiliki, yang dapat mengurangi perasaan terisolasi dan kesepian. Merupakan dukungan emosional  yang sangat dibutuhkan selama masa sulit.

Support system sendiri adalah hubungan timbal balik yang bersifat saling membantu, simbiosis mutualisme, dan take and give. Take and give karena sebagai sebagai manusia tidak hanya memberi, tapi juga butuh untuk dipahami

Support system adalah orang yang dapat membuat diri merasa nyaman dan aman. Bisa teman, keluarga, juga bisa seseorang dari komunitas yang mempunyai minat yang sama, mempunyai empati dan memliki empati tinggi

Support system tidak hanya orang yang bisa  digapai secara fisik,  contohnya adalah  konsultasi dari psikologi  ataupun hipnoterapis banyak yang menawarkan terapi . Tujuannya adalah menumbuhkan support system, agar  tidak merasa sendirian.

Support system mempunyai banyak manfaat,  dapat membuat diri lebih termotivasi. Hal tersebut membuat diri lebih tahu tujuan dan fokus diri dimana yang akhirnya memacu untuk terus belajar dan berkembang.

Support system membuat merasa nyaman, manusia cenderung mencari hubungan sosial yang aman dan juga nyaman.

Dengan support system , ketika mendapatkan kenyamanan  akan mampu menghadapi situasi yang sulit. Karena ketika  merasa sulit, biasanya pikiran  menjadi cemas dan banyak sekali pikiran negatif yang muncul. Bercerita kepada orang lain yang dianggap support system akan  mendapatkan wawasan.

Support system dapat meningkatkan hormon yang membuat manusia  bahagia.  Yaitu hormon serotonin dan dopamin.

Untuk mendapatkan support system  harus mau membuka diri atau reach out to family or friends. Hal ini bisa berupa menyapa teman dan menanyakan kabar dengan memanfaatkan teknologi.

Berusaha untuk menjangkau orang-orang yang membuat diri aman dan nyaman. Memberi kabar setiap hari kepada keluarga atau teman dan membuat jadwal telepon dengan orang tua. Selain itu, juga bisa mencari komunitas yang memiliki persamaan .

Membutuhkan support system adalah hal yang normal dan alami, dan  bukan berarti merupakan individu yang lemah, tapi itu memang merupakan kebutuhan diri.

Karena manusia merupakan individu yang bio sosio psiko spiritual jadi sangat  membutuhkannya,   itu hal yang normal dan alami.