Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kejujuran Kunci Kesuksesan

4 -Kejujuran Kunci KESUKSESAN - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kejujuran Kunci Kesuksesan

Edisi Minggu, 30 April 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Kejujuran sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam segala hal, selain tentu saja kerja keras, usaha, dan nasib baik. 

Harus diyakini bahwa kejujuran sangatlah penting dalam kehidupan manusia . Kejujuran harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semua aktifitas yang dijalani, karena pada dasarnya  merupakan sumber segala kebaikan.

Jujur adalah suatu sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenarnya tidak berbohong atau berkata hal yang menyalahi apa yang terjadi.

Jujur juga diartikan tidak curang, melakukan sesuatu sesuai dengan aturan yang berlaku dan lain sebagainya.

Jujur bermakna kesesuaian antara niat dengan ucapan dan perbuatan seseorang. Sifat jujur sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap individu.

Wajib hukumnya bagi manuisa  untuk selalu berusaha jujur dalam hal apapun baik lisan maupun perbuatan.

Sifat ini adalah dasar dan sebuah patokan sebuah kepercayaan. Jika sekali dapat dipercaya, orang lain akan mempercayai  dan menilai  seterusnya baik.

Ada ungkapan mengatakan bahwa “kejujuran itu mahal”. Kejujuran memang sangat mahal, itulah mengapa berkata jujur terkadang terasa sangat berat.

Kejujuran dapat membuat orang lain tenang dan senang, walaupun kadang ada juga yang merasa sakit.

Ada juga kejujuran yang membuat dibenci karena karena merasa terganggu oleh sesuatu yang salah yang sudah dilakukannya.

Tidak ada alasan bagi seseorang untuk berbohong, jika diri mampu meyakini  arti kejujuran. Sebenarnya sangat gampang untuk berbuat jujur.

Jika merasa salah maka  seharusnya mengakui kesalahan tersebut, jika sesuatu hal tertentu merugikan orang lain lebih baik  jujur dengan apa yang sudah terjadi. Dengan demikian, setidaknya tindakan jujur akan meringankan sebuah masalah dan tidak timbul masalah baru.

Satu kebohongan akan mendorong kebohongan lainnya. Jadi, lebih baik  berperilaku jujur karena dengan kejujuran akan membuat diri tenang dan nyaman, karena kejujuran itu dekat dengan kebenaran.

Seseorang yang bersifat jujur akan mudah mendapat kepercayaan orang lain. Dikarenakan mereka akan merasa aman ketika memberi kepercayaan kepada orang jujur.

Kejujuran itu sikap mulia, ibaratnya, jujur itu seperti bernafas, oleh karenanya jujur tidak membutuhkan upaya belajar lebih dahulu untuk memulainya. Semua bisa melakukannya.