Rubrik Power of Mind Radar Bali : Self Care Pribadi jadi Positive

 1 - Self Care, Pribadi Jadi Positive i - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Self Care Pribadi jadi Positive

Edisi Minggu, 7 Mei 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


KARENA  terlalu sibuk mengurusi diri orang lain dan memikirkan apa yang orang lain katakan tentang diri. Hal itu akan terus memenuhi isi kepala , hingga akhirnya lupa pada diri sendiri.

Kadang lupa untuk ‘sedikit’ mengalah pada kepentingan pekerjaan, pelajaran, ataupun kepentingan orang lain sehingga tak ada waktu untuk diri sendiri. Dengan kata lain, tidak memiliki banyak waktu untuk diri sendiri.

Padahal, badan dan pikiran  juga membutuhkan waktu sekadar rehat sejenak untuk dimanjakan.

Oleh karena itu, diperlukannya self care agar tetap menjadi pribadi yang produktif dan  positif.

Self care adalah suatu kegiatan merawat diri sendiri. Namun, beberapa orang menilai self care itu sama dengan egois

Self care adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk merawat dirinya sendiri dengan hal yang berfaedah bagi dirinya sendiri, baik itu secara rohani maupun jasmani.

self care sering dianggap selfish oleh sebagian orang.  Hal itu terjadi karena sedari kecil mindset manusia atau sebagian orang telah diajarkan bahwa “kita harus memperdulikan dan mementingkan orang lain terlebih dahulu daripada diri kita sendiri.” Akhirnya, konsep tersebut tertanam dalam mindset manusia.

Memang, memperdulikan dan mementingkan orang lain adalah suatu perkara yang perlu diterapkan dalam diri, tetapi janganlah lupa untuk tetap mementingkan diri,  haruslah seimbang.

Melakukan self care, dapat membantu untuk meredakan stress, mengendalikan emosi, rasa khawatir, juga lelah. Self care dapat membantu diri ini agar tetap sehat, baik sehat secara fisik maupun psikis.

Merawat tubuh adalah bagian prioritas dari self care. Physical self care berfokus pada seputar kegiatan yang dapat menunjang kesehatan fisik agar tetap bugar.

Sebenarnya, bukan kegiatan olahraga yang berat. Dalam physical self care ini ada tiga pokok yang perlu dicatat, di antaranya pola tidur teratur, asupan nutrisi terjaga dengan baik, dan berolahraga.

Emotional self care termasuk dalam upaya mengendalikan emosi diri. Pahami dan kenali diri dengan memperhatikan penyebab timbulnya rasa emosi pada diri dan pola pikir. Kemudian, cari  solusi untuk mengatasi hal tersebut dan jangan memendamnya sendiri.

Apabila rasa emosi tersebut tak terkendali dengan baik, dikhawatirkan diri akan menjadi toxic bagi orang-orang sekitar.

Spiritual self care adalah suatu kegiatan yang dilakukan guna menemukan, memperdalam, dan menjaga hubungan pribadi dengan Tuhan Yang Maha Esa. Apabila kalian sering menerapkan spiritual self care, akan terbentuknya kedamaian batin untuk tubuh dalam jiwa kalian.

Personal self care merupakan kegiatan yang mengutamakan dan berfokus pada kepribadian diri dan identitas diri, seperti memahami kelebihan dan kelemahan diri, kemampuan memahami perspektif diri secara mendalam, dan melakukan berbagai kegiatan yang membuat nyaman.

Jika bisa menyayangi diri dengan baik, pasti bisa memberikan energi baik bagi orang sekitar.