Rubrik Power of Mind Radar Bali : Jauhi Sifat Sombong

3 -Jauhi sifat sombong - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Jauhi Sifat Sombong

Edisi Minggu, 10 September 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SIFAT sombong adalah memandang diri berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain. Orang yang sombong merasa dirinya sempurna dan memandang dirinya berada di atas orang lain.

Sifat seseorang yang memandang orang lain hina, hanya dia yang mulia dan mempunyai kebesaran. Karena itu sifat sombong pada manusia, merupakan  sifat tercela yang harus dihindari.

Hal yang biasanya akan membuat seseorang menjadi sombong adalah ketika ia merasa lebih dari yang lain dan merasa bahwa pencapaian yang ia dapatkan semata-mata hanya karena usahanya sendiri. Dia akan merasa bahwa orang lain belum tentu bisa menyamai pencapaian yang ia dapatkan.

Cara menghilangkan sifat sombong dalam diri dapat dilakukan dengan cara menyadari bahwa masih banyak orang lain yang memiliki kelebihan yang lebih baik . Cara ini dinilai ampuh untuk mengendalikan dan mengurangi sifat sombong yang dimiliki seseorang.

Orang yang sombong selalu memiliki kelemahan, tetapi hal ini tidak ingin mereka ungkapkan atau diketahui orang. Jadi mereka menggunakan kelebihan yang dirasa tak terkalahkan untuk melindungi dan menutupi kerentanan.

Biasanya orang sombong tidak akan mendengarkan apa yang ingin dikatakan. Jadi, terkadang Anda hanya perlu tersenyum dan mengangguk, dan merasa nyaman karena Andalah orang yang lebih aman.

Orang sombong sepertinya menganggap diri mereka mengetahui segalanya. Diamkan orang seperti itu, mereka bisa benar membuat  kesal atau kecewa dan akan terus melakukannya.

Daripada merasa kesal, sedih atau stres, cari pendekatan yang paling baik untuk menghadapi kesombongan dan komentar orang-orang yang merasa paling hebat dan memastikan pendekatan tersebut sesuai dengan kepribadian diri

Cobalah untuk tidak terlibat dalam debat apa pun dengan mereka karena mereka tidak akan mendengarkan pendapat orang lain, dan kalau  mereka mendengarkan, mereka akan terus-menerus mengatakan bahwa oranglain yang salah.

Sering kali, orang sombong akan mencoba membuat orang lain merasa tidak aman dan bersalah. Dia melakukan hal ini sebagai upaya untuk memperlihatkan bahwa dirinya memegang kendali situasi.

Berusahalah untuk memahami tindakan mereka yang meremehkan dan melihat kesimpulan yang mereka harapkan dari sudut pandang mereka. Bertindaklah dengan bijak dan penuh kendali, tetapi jangan memperuncing keadaan dengan merespons menggunakan sikap marah atau bermusuhan.

Mengabaikan orang sombong mungkin cara yang efektif untuk membuat mereka berhenti mengganggu , tetapi ketahui bahwa orang sombong memiliki cara untuk membuat suasana menjadi tegang.

Sebagian orang mungkin bersikap sombong sehingga akan terasa kalau mereka terlalu negatif. Orang-orang ini cenderung melebih-lebihkan nilai keberadaan mereka sendiri.

Jika ini yang terjadi, sebaiknya hindari mereka. Jika hal ini mustahil,  cobalah untuk bersikap logis saat berhadapan dengan mereka, dan usahakan sedapat mungkin untuk tidak konfrontatif.