Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Lelah Mental

2 - atasi lelah mental - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Lelah Mental

Edisi Minggu, 12 November 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


LELAH mental adalah kondisi ketika seseorang merasa lelah secara emosional akibat beberapa kondisi, misalnya karena tekanan pekerjaan. Namun, beberapa orang terkadang tidak menyadari bahwa ia sedang mengalami lelah mental.

Cara ampuh dalam mengatasi lelah mental adalah rutin berolahraga. Meluangkan waktu 30 menit per hari untuk melakukan olahraga, bisa dengan jalan kaki, yoga, berlari, menari, atau berenang

Kelelahan mental atau yang biasa dikenal dengan istilah burnout merupakan merupakan rasa lelah yang yang dirasakan setelah melakukan aktivitas tertentu dalam waktu lama. Kelelahan mental  bisa terjadi ketika otak bekerja keras dalam waktu yang lama tanpa adanya waktu istirahat.

Ciri-ciri kelelahan mental  adalah cemas dan stres berkepanjangan. Lelah mental dapat memicu aktivitas saraf simpatik, sehingga dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman  sepanjang waktu. Selain itu, perasaan panik dan tertekan yang tak kunjung mereda juga bisa menjadi salah satu tanda lelah mental.

Bila  kelelahan, maka sistem pertahanan tubuh akan menurun. Ini menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terkena berbagai infeksi virus. Beberapa gejala yang bisa muncul akibat infeksi virus, antara lain demam, nyeri otot, dan infeksi tenggorokan.

Dengan mengubah gaya hidup, sebenarnya sudah bisa mengatasi masalah tersebut, dengan menemukan dukungan sosial dari orang lain, bisa menjangkau orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan, sahabat, atau rekan kerja untuk menjadi teman cerita dan juga melakukan juga kegiatan-kegiatan positif dan menyenangkan bersama mereka.

Cara lain dengan berbagi cerita, jangan pernah merasa bahwa menceritakan masalah pribadi akan menjadi suatu beban bagi orang lain. Faktanya, kebanyakan orang merasa lebih dicintai karena  memercayai mereka sebagai tempat untuk mencurahkan isi hati.

Gangguan tidur menjadi salah satu pertanda  mengalami kelelahan mental. Oleh sebab itulah, meningkatkan kualitas hidup diharapkan bisa mengatasi gejala dan penyebab kelelahan mental itu sendiri.

Jika kesulitan untuk tidur lebih awal,  bisa lakukan beberapa rutinitas sebelum tidur. Contohnya, mandi air hangat, peregangan ringan, mengurangi pencahayaan kamar, dan mengganti handphone dengan buku atau musik yang menenangkan.

Meski mengalami lelah secara mental, dampaknya bisa dirasakan secara fisik juga. Misalnya, mudah merasa lelah setelah melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak berat.

Umumnya, lelah fisik akan membaik setelah beristirahat, namun lelah fisik akibat kelelahan mental biasanya tidak lekas membaik meski sudah tidur atau istirahat dengan cukup.

Mudah terpancing emosi dan tersinggung merupakan salah satu ciri- kelelahan mental yang cukup umum. Lelah secara mental dapat menyebabkan seseorang memiliki suasana hati yang buruk dan tidak stabil.

Hal ini dapat membuatnya mudah marah bahkan bersikap kasar kepada orang lain. Mental yang lelah akan membuat emosi menjadi tidak terkendali.

Jika merasakan gejala letih mental  tersebut dan membutuhkan bantuan hipnoterapis, segera kosultasikan untuk mendapatkan solusi secepatnya agar tidak mengganggu kesehatan.