Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Feeling Lonely

1 - Atasi Feeling Lonely -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speakingh


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Atasi Feeling Lonely

Edisi Minggu, 5 Mei 2024


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


FEELING lonely adalah sebuah perasaan di mana seseorang merasa kesepian, walaupun ia memiliki pasangan. Bagi kebanyakan orang, memiliki pasangan merupakan hal yang bisa membuat merasa bahagia. Adanya pasangan bisa membantu diri bangkit bersama dalam menjalani sebuah masalah.

Feeling Lonely merupakan salah satu kata yang berasal dari Bahasa Inggris yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti yaitu perasaan kesepian atau menyendiri.

Makna menyendiri dari kata Feeling Lonely ini adalah suatu keadaan yang bisa menyebabkan seseorang tersebut menjadi merasa sendiri dan merasa dirinya tidak dibutuhkan.

Biasanya jika seseorang memiliki perasaan seperti ini maka ia akan sedikit sulit untuk bisa bersosialisasi dengan orang yang berada disekitarnya. Justru jika ada seseorang yang sedang berada dalam perasaan seperti ini harus ditemani baik itu oleh teman ataupun anggota keluarga.

Tak baik jika perasaan seperti ini dibiarkan terus menerus dan nantinya akan menyebabkan seseorang tersebut sulit untuk melakukan aktivitas pada umumnya.

Munculnya Feeling lonely seringkali merupakan faktor risiko untuk depresi dan bahkan dapat meningkatkan risiko perilaku bunuh diri pada beberapa individu.

Kesepian dapat meningkatkan tingkat stres, yang dapat memiliki dampak negatif pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya

Feeling lonely dapat berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa feeling lonely dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang merasa feeling lonely, antara lain: Perubahan gaya hidup, seperti pindah ke tempat yang baru, kehilangan pekerjaan, atau bercerai. Masalah kesehatan, seperti depresi atau gangguan kecemasan

Cara mengatasi feeling lonely dengan menghubungi orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau pasangan, mengIkuti kegiatan sosial, seperti bergabung dengan komunitas positive.

MeLakukan hobi yang disukai untuk memeperoleh hormon bahagia ataupun mendengarkan music yang disuka

Melakukan olahraga secara teratur juga terbukti memberikan dampak positive untuk kesehatan mental seseorang yang sedang dilanda kesepian.

Tetapi jika  merasa feeling lonely yang parah, sebaiknya konsultasikan dengan Hipnoterapis yang dipercaya, jangan dibiarkan berlarut.

Karena sperti diketahui pikiran dan perasaan itu jauh lebih dahsyat daripada logika, dan hampir semua sakit fisik itu semua diawali karena psikis yang terganggu.

Jadi jika ingin hidup sehat bahagia wajib disehatkan pikiran dan perasaannya.