Rubrik Power Of Mind Radar Bali : Redakan Cemas berlebih dengan Hipnoterapi


Rubrik Power Of Mind Radar Bali : Redakan Cemas berlebih dengan Hipnoterapi
Edisi Minggu, 22 Maret 2020

Pertanyaan :

Ibu Santy yth, bagaimanakah caranya meredakan rasa panic dan cemas dengan kondisi Virus Corona yang begitu menakutkan akhir-akhir ini , sehingga istri saya menjadi tidak berani keluar rumah, yang dulunya paling senang ke mall mendadak menjadi tidak berani ke mall, dan memilih lebih tinggal di rumah. Anak saya masih berusia 11 bulan dan masih menyusui menjadi ikut sering rewel . Apakah hipnoterapi bisa meredakan ketakutan atau cemas yang berlebih ?

Firman – Denpasar

Jawaban :

Kepanikan masyarakat menghadapi virus Covid-19 memang terlihat saat masyarakat  melakukan aksi memborong masker, sehingga  masker menjadi langka. Kemudian Panic Buying dimana masyarakat berbondong-bondong kalap memborong kebutuhan makanan di supermarket.  Padahal jika kita takut akan sesuatu, ada banyak bahaya potensial yang membuat kesehatan lebih berisiko untuk terganggu. Mulailah dengan mengelola stres yang timbul karena kepanikan. Karena dengan menjadi stres, kurang istirahat, makan sembarangan, infeksi jadi lebih mudah menyerang.

Manusia memang cenderung khawatir tentang sesuatu yang diyakininya dalam pikirannya padahal kekhawatiran berlebih itu sangat menguras enregi dibanding dengan kerja fisik.

Sebagai manusia kita secara psikologis dirancang siap untuk menghadapi stres. Waspada terhadap ancaman potensial terhadap keselamatan, kelangsungan hidup dan keamanan kita (fisik, mental, dan emosional).

Otak manusia diprogram untuk lebih fokus pada apa yang bisa membuat kita kehilangan daripada pada apa yang bisa kita dapatkan. Jadi wajar ketika berita di media  mulai membombardir dengan ancaman "virus pembunuh," pandemi global dan keadaan darurat kesehatan.

Imajinasi berlebih yang kemudian membuat masyarakat bersiap untuk menghadapi skenario terburuk, sebagian besar orang mungkin merasa cemas, takut dan panik akan ancaman virus corona Covid-19. Padahal kecemasan dan kekhawatiran berlebih justru bisa meningkatkan risiko tertular dan akan memengaruhi sistem imunitas tubuh.

Karena itu perlu mengurangi kecemasan, caranya adalah dengan latihan pernafasan  dan keseimbangan saraf  yang membantu menenangkan mental dan memperdalam kesadaran spiritual.

Hipnoterapi sangat membantu untuk mengurangi kecemasan yang berlebih, atau bisa juga melakukan self hipno yaitu relaksasi mendalam bisa dengan tiduran , atur nafas dengan tarik nafas dari hidung lembut, tahan dan hembuskan lewat mulut perlahan, lakukan berkali-kali hingga terasa nyaman bisa  dan mulailah afirmasi dengan kata-kata positive:  Saya sehat,  saya bahagia, saya yakin dan percaya akan kuasa Tuhan, Tuhan akan menjaga umatNya, Tuhan melindungi saya dan keluarga, semua pasti segera berlalu, semua akan kembali normal, dan lanjutkan dengan kalimat-kalimat positive seperti yang diinginkan.

Hidup ini adalah milikNya, berserah bukan berarti berarti berpasrah. Dalam kondisi dunia seperti saat ini kepanikan justru memperkeruh suasana dan justru menurunkan imunitas tubuh, sebarkan energi positive kepada diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang kita sayangi, kepada pulau bali yang kita cintai, kepada negeri kita dan keseluruh muka bumi, yakinlah jika Tuhan pasti melindungi umatNya.

Karena dalam Hukum Tarik Menarik Semesta jika kita bahkan hampir semua orang di dunia ini memancarkan ketakutan dan kekawatiran maka Semesta akan menarik dan kembali menyebarkan kepada kita di muka bumi ini. Yakinlah…semuanya pasti akan berlalu.

0 Komentar