Rubrik Power Of Mind Radar Bali : Mudah Tersinggung dan Marah-marah, Apakah Normal?


Rubrik Power Of Mind Radar Bali : Mudah Tersinggung dan Marah-marah, Apakah Normal?
Edisi Minggu, 10 Mei 2020

Pertanyaan :

Yth ibu Santy, nama saya Nova usia 18 tahun, 2 bersaudara, kakak saya juga perempuan berusia 26 tahun dan belum menikah. Kami hanya tinggal bertiga semenjak ayah meninggal kan kami sejak waktu kami masih kecil. Yang menjadi pertanyaan saya mengapa kakak saya suka sekali tersinggung dan marah-marah. Terkadang kami saya dan ibu didiamkan berhari-hari tanpa tahu apa penyebabnya.

Apakah dengan hipnoterapi kakak saya bisa menjadi pribadi yang menyenangkan lagi? Karena dulu kakak saya ini periang tetapi sejak berhenti bekerja, dia menjadi berubah.

Atas segala jawabannya, saya sampaikan banyak terimakasih.

 

Jawaban:

Mudah tersinggung merupakan sifat yang sulit untuk diatasi. Kebiasaan ini biasanya menandakan kurangnya pemahaman seseorang terhadap emosinya sendiri sebagai bagian dari strategi untuk mengubah perilaku ‘orang lain’. Akan tetapi, karena kita semua adalah makhluk swatantra (hanya kita sendiri yang dapat mengatur diri sendiri), kita hanya dapat mengubah diri sendiri, termasuk mengubah cara kita memahami dan bereaksi terhadap lingkungan di sekitar kita. Berkomitmen untuk mengubah diri sendiri, dan bukan mencoba memaksa orang lain untuk berubah merupakan pilihan tepat yang membutuhkan sikap rendah hati dan keterbukaan.

Marah merupakan emosi yang sehat seperti halnya menangis atau tertawa. Jika seseorang marah, penyebab mudah marah bisa karena kecewa, takut, tersinggung atau merasa terluka. Namun, jika Anda menemukan orang terdekat marah secara berlebihan, selidiki dulu apakah ia dalam pengaruh pengobatan atau karena psikis yang terganggu

Menurut Paulus Blenkiron, seorang psikiater di Bootham Park Hospital, York, akibat depresi seseorang dapat merasa sangat mudah marah, gelisah serta menyebabkan perasaan tidak berharga, malu atau merasa bersalah.

Sebagai seorang praktisi Hipnosis saya justru mengamati ada permasalahan psikis yang sedang dialami oleh kakak sehingga berubah menjadi pemarah dan mudah tersinggung .

Kemungkinan beban psikis yang selama ini terpendam terakumulasi sehingga menjadi penat dan tak terkontrol lagi,

Hipnoterapi sangat ampuh untuk membersihkan semua kotoran-kotoran yang terendap dalam pikiran bawah sadar, memang secara teori seharusnya jika problema itu datang mnerjang seharusnya kita mengasah logika agar lebih tajam dan justru tidak megutamakan emosi atau perasaan ketika menyampaikan buah pikiran. Mengecilkan perasaan dan menguatkan logika.

Dalam kondisi pandemic yang tak kunjung usai, kondisi yang tidak nyaman membuat pikiran bawah sadar menjadi penat, anda bisa mengajak kakak untuk mengikuti online training tentang pikiran bawah sadar dan menghilangkan mental blok sekaligus merubah mindset yang salah yang akan kami adakan pada tanggal 15-17 Mei 2020 pukul 13.00-15.00 Wita yaitu Pelatihan The Power of Mind .

Pikiran dan Perasaan menciptakan hidup kita, nyamankan pikiran untuk bisa memiliki perasaan yang bahagia.

0 Komentar