Rubrik Power of Mind Radar Bali : Salahkah Jika Kita Bersedih?

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Salahkah Jika Kita Bersedih?

Edisi Minggu, 6 September 2020


Kebahagiaan tentu membawa kebaikan, karena dengan perasaan bahagia adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh, mampu menahan rasa sakit,dan hingga lebih kebal dengan stress.

Sedangkan kesedihan sendiri seringkali dianggap tak ada gunanya. Namun ternyata berdasarkan penelitian berbasis ilmu pengetahuan, ternyata banyak hal positif yang bisa kita dapat dari bersedih.

Perasaan sedih bahkan ternyata adalah hal yang berguna bagi kesehatan psikis, terbukti membuat seseorang bisa lebih baik dalam berkomunikasi

Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang sedang bersedih memiliki kemampuan yang lebih persuasif dalam bercakap-cakap. Orang yang bersedih ini pun lebih baik dalam mempengaruhi pendapat orang lain, perasaan sedih mengubah bagaimana seseorang memproses sesuatu. Hal ini membuat

orang tersebut jadi lebih lugas dan jelas tentang pesan yang ingin dia sampaikan.

Selain itu sebuah penelitian yang dikutip LiveScience, orang yang sedih jauh lebih baik dalam mengingat wajah seseorang. Tak cuma itu, dalam uji memori secara general, seseorang yang sedih juga lebih baik dari orang biasa.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di The British Psychological Society, sebuah eksperimen dilakukan kepada mahasiswa dengan depresi ringan untuk menguji empati. Penelitian membuktikan bahwa orang yang sedih bahkan depresi, adalah orang yang lebih bisa berempati.

Bahkan orang-orang dengan suasana hati yang buruk justru lebih baik dalam fokus, manajemen waktu, dan memprioritaskan tugas.

Namun hal ini tentu hanya terjadi pada orang yang memang lebih sensitif terhadap emosi negatif. Sebaliknya, jika seseorang tersebut orang yang tak kerap bersedih, sebuah kesedihan akan memperburuk kemampuan berpikir kritisnya.

Jika kesedihan dibiarkan berlarut maka akan menjadikan gudang data pikiran bawah sadar menjadi penuh dengan sampah yang justru akan mengakibatkan penyakit psikis dan pada akhirnya sakit yang lainpun menjadi muncul.

Maka sebelum semuanya terlambat, jika merasa tidak bias move on dan rasa sedih yang berkepanjangan, ada baiknya segera berkonsultasi dengan Hipnoterapis yang anda percayai.

Atau bisa melakukan Self Hipnosis, yakinlah bahwa Tuhan Maha Pengasih. bahwa anda mampu bangkit dari rasa tidak bahagia tersebut setelah beberapa saat waktu.

Lakukanlah rileksasi diri dan katakan pada diri anda sendiri, "Aku memaafkanmu apapun yang telah kamu lakukan. Bangkitlah dan perbaiki dirimu." Ulangi beberapa kali hingga anda merasa tenteram.

Yakini bahwa telah melewati semua rasa sedih itu. Kini anda membuka pintu baru dan melangkahkan kaki ke sebuah taman indah bahagia. Karena di sana orang-orang yang kita sayangi tengah menunggu. Ucapkan dengan sungguh-sungguh salam selamat tinggal pada rasa kesedihan, yang telah membuat kita bertambah pengalaman.