Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mengapa Etika Itu Perlu?

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mengapa Etika Itu Perlu?

Edisi Minggu, 6 Desember 2020


Dalam kehidupan manusia, semua pergaulan selalu berdasarkan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial, yaitu manusia tidak bisa lepas dari manusia yang lain. Manusia perlu berinteraksi terhadap orang lain, manusia perlu bantuan orang lain. Oleh karena itu dalam menjalin hubungan dengan orang lain diperlukan nilai-nilai yang baik seperti perilaku yang baik, sikap yang baik, dan menjauhi hal-hal yang dilarang untuk dilakukan. Hal ini ditujukan agar manusia lebih menggunakan hati nuraninya dalam melihat beberapa hal dilingkungannya berkaitan dengan yang baik atau buruk.

Betapa pentingnya beretika dalam kehidupan sehari-hari. Etika sangat penting dalam membina hubungan atau relasi kita dengan orang lain. Pribadi yang beretika akan memiliki hubungan yang lebih baik dan disuka dalam pergaulan daripada orang yang tidak beretika. Hal penting lainnya adalah bahwa etika sangat berperan dalam pembentukan citra diri seseorang, terlepas dari apakah orang tersebut ikhlas atau tidak, tapi ketika seseorang tahu mana yang ethis dan yang tidak, setidaknya orang-orang akan melihat orang tersebut sebagai seseorang yang beretika dan berperilaku baik.

Etika dalam hal ini berfungsi untuk lebih “Memanusiakan Manusia” karena salah satu ciri yang yang diberikan Tuhan kepada manusia adalah adanya hati atau perasaan dan akal pikiran. Etika mengajak manusia untuk lebih menggunakan anugrah tersebut, khususnya hati atau rasa, agar manusia memiliki tingkah laku yang baik dalam menjalin hubungan antar manusia yang lain. Karena orang lain enggan bergaul, jika tidak beretika dan bermoral.

Pada dasarnya setiap manusia ingin dihargai satu sama lain. Manusia secara naluriah ingin menciptakan citra yang baik tentang dirinya kepada orang lain. Untuk alasan itu maka manusia perlu beretika. Dan yang lebih penting dengan beretika maka manusia itu akan lebih di akui atau disegani oleh orang lain.

Pentingnya Etika mengajarkan kepada kita, untuk mengetahui hal-hal yang buruk dan baik, etika juga mengajarkan kepada kita untuk berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku di tengah masyarakat. Mengetahui cara berperilaku yang baik dan benar, diperlukan agar kita sebagai manusia tidak menyimpang ke jalur yang salah.

Perilaku yang baik yang dilakukan oleh manusia tentunya akan berdampak positif terhadap manusia itu sendiri, begitu juga sebaliknya. Apa yang kita tanam, maka kita juga akan menuai dari apa yang telah kita tanam. Siapa menghamburkan badai, maka dia juga akan terkena badai, yang bisa jadi mengakibatkan kehidupan yang lebih buruk bagi manusia yang menjalaninya.

Jika kita, sebagai manusia hidup tanpa saling membenci, dan tidak mengagungkan keegoisan semata, maka kedamaian harmoni yang selaras akan tercipta dan terbina dengan indah.

Tidak ada yang terlambat jika kita mau berubah menjadi pribadi yang lebih baik, untuk kesuksesan kita dimasa depan untuk kehidupan yang lebih baik.

Karena itu etika sangatlah penting kita terapkan dalam kehidupan kita agar kita bisa membedakan mana perbuatan yang baik dan mana yang buruk selain itu memberi batasan dalam pergaulan kita dengan sesama agar bisa tercapai kehidupan yang aman dan tentram. Selain itu dapat menciptakan suasana hidup yang aman dan tentram.