Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mengatasi Insecure

2. Mengatasi Insecure - Radar Bali Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking - Rubrik The Power of Mind

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Mengatasi Insecure
Edisi Minggu, 28 Februari 2021


Ditulis Oleh :
Santy Sastra (@santysastra)
Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Insecure adalah perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa cemas, takut, dan tidak percaya diri. Hal ini tidak boleh dibiarkan, insecure berlebihan dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan.

Karena rasa kurang percaya diri merupakan perasaan negatif yang ada dalam diri. Hal ini bisa memberikan dampak buruk jika terus bertahan dalam kondisi ini hingga gagal mencapai tujuan hidup yang diinginkan.

Meskipun sebetulnya rasa insecure, keraguan, tidak percaya diri, dan ketakutan pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Bahkan orang yang paling percaya diri sekalipun, pernah memiliki perasaan yang sama.

Insecure adalah hal yang normal terjadi. Tetapi merasa insecure terhadap diri sendiri sepanjang waktu secara berlebihan dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Mulai dari kesehatan fisik, emosional, hingga pekerjaan.

Pada dasarnya, penyebab insecure adalah hal yang berbeda-beda dan sifatnya pribadi pada setiap orang. Yang perlu diingat bahwa tidak ada penyebab pasti dari insecure, tetapi banyak faktor yang dapat mengarahkan pada kondisi ini.

Insecure adalah suatu kondisi yang berasal dari peristiwa traumatis atau krisis, seperti perceraian, kebangkrutan, atau kehilangan. Hal tersebut juga dapat terjadi karena ketidakpastian atau gangguan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menimbulkan kecemasan.

Orang yang memiliki rasa insecure mungkin juga memiliki kepercayaan diri yang rendah, punya masalah terhadap tubuhnya, hidup yang tidak terarah, atau merasa diabaikan oleh orang lain.

Salah satu penyebab utama rasa insecure adalah takut akan kegagalan dan penolakan. Padahal dalam hidup, terkadang memang kita harus berani mengambil risiko tersebut.

Sebab, ada lebih banyak hal yang bisa dipelajari dari kegagalan ketimbang keberhasilan. Jika memang gigih, pada akhirnya kegagalan tersebut dapat dihindari.

Terkadang penyebab insecure adalah sifat yang terlalu perfeksionis. Tanpa disadari kita memiliki standar yang sangat tinggi untuk semua hal yang kita lakukan. Seperti menginginkan nilai tertinggi, pekerjaan terbaik, apartemen atau rumah dengan dekorasi paling indah, anak-anak sopan, atau pasangan yang ideal.

Sayangnya, hidup tidak selalu menjadi seperti yang kita inginkan. Meskipun kita sudah bekerja ekstra keras sekalipun. Jika terus-menerus kecewa dan menyalahkan diri sendiri karena sesuatu yang kurang sempurna, maka mulai dibayangi oleh perasaan insecure.

Cobalah mengatasi insecure bisa  memanjakan tubuh dengan relaksasi, seperti melakukan pijat atau perawatan wajah. Atau bisa melakukan hooby yang disuka setidaknya 30 menit setiap hari, termasuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yangbterdekat atau tersayang sangat membantu memberi asupan vibrasi positive bagi psikis kita.

Bisa juga dengan mematikan sejenak ponsel ataupun melakukan detoks media social, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang.

Yang paling penting cobalah melatih self hipno dengan cara berbicara yang baik kepada diri sendiri.

Jika anda masih tak mampu melakukan untuk mengatasi insecure, maka saatnya anda harus mendatangi teraphis yang anda yakini untuk kembali memulihkan rasa percaya diri anda dengan hipnoterapi.