Rubrik Power of Mind Radar Bali : Stress Sembuh Karena Berpelukan

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Stress Sembuh Karena Berpelukan

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Stress Sembuh Karena Berpelukan

Edisi Minggu, 18 April 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Setiap orang pasti menikmati momen hangat ketika mereka mendapatkan pelukan, meski barang satu atau dua menit. Apalagi jika pelukan itu datang dari orang yang mereka sayangi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa manusia membutuhkan 4 pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan untuk perawatan diri, dan 12 pelukan sehari untuk bisa awet muda.

Berpelukan ternyata bisa mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, imunitas meningkat dan kita tidak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu, berpelukan juga dapat mengurangi rasa sakit, memberikan energi positip bagi pasien sakit , hingga membantu bayi lahir prematur untuk bisa bertahan hidup.

Berpelukan bukan hanya adegan romantis yang dilakukan sepasang kekasih. Berpelukan bisa dilakukan bersama orang-orang tersayang dan terjadi dalam berbagai kondisi. Misalnya, seorang ibu memeluk anaknya yang terbangun dari mimpi buruk. Sang anak pun kemudian akan merasa lebih tenang. Atau seorang ayah memeluk anaknya yang memiliki hasil ujian baik. 

Berpelukan dapat membuat seseorang lebih terbuka dalam berkomunikasi karena merasa aman. Pelukan memudahkan seseorang untuk membagi cerita yang telah mengganggu pikirannya

Berpelukan dapat membuat suasana hati lebih baik. Ketika merasa lebih baik, ada zat kimia yang dilepaskan di otak bernama Oksitosin. Anda akan merasa lebih aman, dicintai dan dipercaya. Berpelukan juga meningkatkan produksi hormon Serotonin yang membuat seseorang merasa bahagia.

Memeluk bisa membangun kepercayaan diri seseorang, contohnya adalah dengan memeluk anak. Anak akan merasa dicintai dan mendapat perhatian. Hal ini bisa membangun harga diri anak dan membantu mereka untuk tumbuh dengan baik. 

Dengan memeluk, bisa menjadi obat karena dapat menjaga tekanan darah lebih terkontrol. Sebuah sentuhan akan mengirimkan sinyal ke saraf Vagus yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Dan yang lebih menakjubkan adalah begitu banyak orang telalu sibuk sehingga tak memiliki waktu untuk menunggu atau mendengarkan orang lain. Tetapi ternyata hanya  dengan berpelukan,  bisa meningkatkan kesabaran seseorang. Secara tidak langsung membantu seseorang lebih sabar ketika menghadapi masalahnya. 

Sebuah pelukan yang hangat dapat menjaga jantung berdetak normal, karena berpelukan dapat menjaga kesehatan jantung. Ini menjadi salah satu alasan yang paling penting mengapa berpelukan dibutuhkan. 

Ungkapan tersebut benar-benar terbukti dan belum didukung oleh fakta-fakta rinci yang jelas, maka tak perlu diragukan bahwa pelukan memang diperlukan manusia. Pelukan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah.