Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berhasil Berhenti Merokok

 Berhasil berhenti merokok - Radar Bali Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking - Rubrik The Power of Mind

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berhasil Berhenti Merokok

Edisi Minggu, 9 Mei 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Merokok bisa menyebabkan adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. efek dari merokok ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius. Rokok dapat membahayakan hampir setiap organ tubuh. Hal ini juga menjadi penyebab hampir satu dari setiap lima kematian di Amerika Serikat setiap tahunnya

Merokok merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga seseorang yang merokok memiliki kemungkinan besar akan mengalami infeksi pernafasan.

Jika anda sudah mengetahui hal yang buruk tetapi tetap anda lakukan, itu adalah suatu kebodohan. Jadi tak  ada waktu lagi untuk menunda, apalagi dengan situasi pandemi dan Virus Covid yang menyerang pernafasan 

Bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, berhenti merokok memang akan terasa sangat sulit.  Tapi bukan berarti  tidak bisa. Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini. Langkah pertama yang harus anda lakukan jika memutuskan untuk berhenti merokok yaitu menguatkan niat dan tekad anda.

Publikasikan keinginan anda untuk berhenti merokok kepada keluarga dan teman . Dukungan dari keluarga dan teman dekat sangat berperan, minta mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok untuk kesehatan tiap kali keinginan  untuk merokok datang lagi.

Jika  sudah memutuskan untuk berhenti merokok, pastikan target waktu untuk benar – benar bisa berhenti merokok. Anda tidak bisa langsung berhenti begitu saja, itu akan menjadi sangat sulit dan akan terasa menyiksa diri. Pasang target waktu jangka pendek 3 hari terlebih dahulu, jika berhasil tahap awal lanjutkan target berikutnya 7 hari. Jika sudah bisa melalui tahap ini  lanjutkan 10 hari, dua minggu sampai akhirnya mampu melewati 21 hari untuk benar – benar bisa berhenti tidak merokok. Ini merupakan salah satu cara  yang ampuh untuk  berhenti merokok tanpa harus menyiksa, karena melakukannya dengan cara bertahap namun tetap ditargetkan waktunya.

Suatu kebiasaan baik maupun buruk jika sudah terlatih sampai dengan 21 hari diyakini akan menjadi kebiasaan pikiran bawah sadar yang cukup kuat, maka dari itu pertahankan untuk tetap bisa mengendalikan pikiran karena pikiran bawah sadar itu bisa dilatih dan dikendalikan sesuai dengan keinginan kuat manusia.

Kebiasaan yang bisa membuat ingin  merokok seperti minum kopi, alkohol, begadang dan juga bedebat sebaiknya dihindari, namun jika tidak mampu itu semua  bisa memulai untuk mengkonsumsi buah – buahan dan juga susu karena itu akan memberikan kesan yang tidak enak jika dikonsumsi dengan rokok. 

Jika  ingin berhasil untuk berhenti merokok anda bisa memulai dihari pertama dengan cara menyibukkan diri  dengan aktifitas yang padat. Jangan sampai terjebak dalam kesendirian sehingga timbul keinginan untuk merokok lagi. 

Kegiatan  olahraga yang lebih intens dan membuat  lupa untuk merokok seperti bersepeda, berolahraga, berenang dll. Dengan aktifitas yang banyak dan terlalu padatnya waktu akan membuat semakin melupakan keinginan untuk merokok karena tidak ada waktu untuk melakukan itu.

Berhenti merokok jangan sampai dianggap itu sebagai pengorbanan. tetapi hal tersebut sebagai langkah untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Berhenti merokok dari sekarang bukan lagi besok atau lusa, dan Hipnoterapi juga bisa memuluskan keinginan mulia hidup sehat tanpa rokok untuk menikmati kelegaan nafas yang panjang dan hidup yang lebih sehat. Yakinlah bahwa berhenti merokok adalah keputusan yang tepat untuk diri dan orang-orang tersayang .