Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berhenti Sesali Keputusan yang Pernah Dibuat

Berhenti Sesali Keputusan yang Pernah Dibuat

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berhenti Sesali Keputusan yang Pernah Dibuat

Edisi 4 Juli 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


PENYESALAN adalah sesuatu yang pasti pernah dialami, meski sebetulnya hal itu memiliki keuntungan dalam pertumbuhan dan pengembangan diri.  Merenungkan masa lalu  bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. 

Berbagai langkah bisa dilakukan, dari mengubah pola pikir sampai gaya hidup. Bisa membantu  mengatasi penyesalan hingga  melupakannya.

Penyesalan adalah perasaan negatif dari rasa bersalah, sedih, atau marah akibat pilihan di masa lalu. Semua orang mengalami penyesalan pada suatu waktu di hidupnya, terutama anak muda.  Penyesalan menjadi masalah saat merenungkan lagi kesalahan masa lalu, ini bisa  menyebabkan kekacauan pada hidup, karier, dan hubungan personal.

Pemikiran yang kontra fakta melibatkan kecenderungan manusia untuk menciptakan alternative yang mungkin dalam menghadapi masalah dalam hidupnya,  menyebabkan penyesalan. Ini artinya, semakin mudah kita membayangkan hal yang berbeda dan hasil yang lebih baik dari sebuah masalah, kemungkinan besar akan menyesali keputusan itu. 

Penyesalan sangat intens dirasakan ketika diri merasa sudah hampir meraih kesuksesan besar dan kehilangan kesempatan tersebut karena persiapan yang kurang atau bersikap lamban. Penyesalan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan rasa cemas berlebih. 

Selain itu, stres kronis yang disebabkan oleh rasa sesal dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dan sistem imun yang melemah.

Menangani tanggung jawab yang besar akan menambah kecenderungan seseorang untuk mengalami penyesalan. Belajar untuk mengurangi ekspektasi personal dan menerima bahwa terdapat banyak hal di dunia ini yang tidak bisa diubah adalah perlindungan yang baik terhadap rasa sesal.

Belajar dari semua kesalahan,penyesalan terasa seperti emosi lainnya, yaitu didasari oleh insting bertahan hidup. Bersikap terbuka untuk menerima aspek produktif dari rasa sesal untuk mempersingkat durasinya.

Keputusan yang telah dibuat tidak perlu disesali. Sama seperti waktu atau perkataan yang sudah diucapkan tidak mungkin  untuk bisa diulang atau ditarik  lagi. 

Justru keputusan yang telah dibuat terlepas baik atau buruk konsekuensinya, adalah sebagai bentuk pembelajaran atau pengembangan diri dan pengalaman yang sangat berharga kedepannya. Jadi pikirkan baik-baik sebelum mengambil keputusan terutama yang memiliki dominan mesin kecerdasan otak kanan yang sering spontanitas dan terburu-buru dalam banyak hal, agar tidak menyesal dikemudian hari.

Karena penyesalan itu adalah masalah rasa, maka jika merasa terlarut menyesali, jalan pintas untuk bisa kembali move on adalah dengan hipnoterapi. Fungsi hipnoterapimampu men-delete rasa penyesalan dalam pikiran bawah sadar. (***)