Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hipnoterapi Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

3 - Hipnoterapi Menumbuhkan Rasa Percaya Diri - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hipnoterapi  Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Edisi Minggu, 19 September 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SIFAT pemalu, minder, dan rendah diri menghambat seseorang bukan hanya dalam kehidupan sosial tapi juga dalam meraih kesuksesan.

Orang  pemalu, minder serta rendah diri  mengalami kesulitan bergaul, bahkan ada yang menarik diri dari pergaulan. Padahal  sendiri  bukanlah kenyataan yang mereka inginkan. 

Di lubuk hati  pasti  ada keinginan untuk bisa bergaul atau ingin bisa sukses seperti orang lain, tapi mereka minder karena merasa tak mampu.

Orang minder memiliki self image yang rendah, cenderung merasa kurang dari orang lain, dengan kata lain sebenarnya dia merasa tidak layak untuk bahagia.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang memiliki sifat minder, pemalu dan rendah diri, tapi faktor pendidikan keluarga dan lingkungan sangat berperan.

Jika anak terlalu sering dilarang bahkan untuk hal sepele, anak  kehilangan kepercayaan dirinya.

Jika anak terlalu dikekang dan dibatasi pergaulannya atau  disuruh diam di rumah terus,  mereka menjadi pribadi yang pemalu dan tidak percaya diri dalam pergaulan.

Jika  sering dimarah  dan dikatakan tidak bisa apa-apa, atau tidak dipercaya  melakukan hal yang sebenarnya bagus untuk mengasah kemampuannya, maka anak pun terprogram sebagai orang yang tidak bisa apa-apa.

Mereka  minder  dihadapkan  situasi yang membutuhkan kepercayaan diri, karena tidak pernah diajarkan  keluarga atau lingkungan.

Orang  pemalu, minder dan rendah diri itu terprogram pikiran bawah sadarnya karena pola diidk di rumah dan lingkungan

Membangkitkan  percaya diri adalah memaksimalkan potensi diri, meskipun  sudah lama menjadi pribadi yang tidak percaya diri bukan berarti tidak ada solusi.

Butuh niat dan keinginan kuat  berubah, siap  berproses menjadi pribadi lebih baik, dan lebih percaya diri.

Siapkan waktu membangun kepercayaan diri, dengan mengamati perilaku orang yang percaya diri, atau membaca kisah  sukses orang yang dulunya sangat pemalu dan tidak pede.

Jika ternyata butuh bantuan   untuk membantu proses transformasi  maka bisa mengikuti pelatihan pengembangan diri seperti kelas public speaking atau ikut workshop The Power Of Mind.

Jika  terlalu pemalu dan sama sekali tidak bisa bergaul, takut untuk mengungkapkan masalah, khawatir ditertawakan serta memiliki kecemasan lainnya, maka bisa berkonsultasi ke  Terapis untuk membantu membangkitkan kepercayaan diri.

Hipnoterapi terbukti efektif  membantu membangkitkan kepercayaan diri dengan cara mengedukasi ulang pikiran bawah sadar, dan mengatasi trauma yang menjadi akar masalah penyebab rasa tidak percaya diri tersebut. (***)