Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berpikir Positif, Miliki Banyak Manfaat

2 - Berpikir Positif, Miliki Banyak Manfaat - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Berpikir Positif,  Miliki Banyak Manfaat

Edisi Minggu, 12 September 2021


POLA PIKIR  mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Orang yang berpikir positif cenderung lebih sehat, karena mampu menghadapi stres yang dimilikinya dengan baik. Mereka  cenderung lebih mudah menjalani gaya hidup sehat, sehingga tidak rentan terserang penyakit.  

Berbagai masalah manusia, mulai dari gangguan tidur, depresi, stres, kecemasan, penuaan dini hingga kenaikan berat badan dapat diatasi dengan berpikir positif. 

Sebuah penelitian mengungkapkan, pasien yang berpikir positif terbukti lebih cepat sembuh dari penyakit yang dideritanya, dibanding pasien yang menyerah dengan kondisi tersebut.

Sebab, pasien yang berpikir positif  lebih tekun menjalani pengobatan. Mereka  lebih semangat  menjalani proses pemulihan. 

Sebaliknya, pasien yang berpikiran negatif cenderung tidak patuh dengan  pengobatan yang direncanakan sehingga lebih lama  sembuh,  bahkan lebih pasrah dan kurang memiliki daya juang  untuk sembuh.

Mereka yang berpikir positif memiliki risiko  lebih rendah untuk terserang penyakit jantung dan peradangan.

Penelitian lain menemukan, orang yang hidup dengan penyakit jantung koroner tetapi terus berupaya  berpikir positif, dapat memiliki usia yang lebih panjang.

Berpikir positif  kunci utama mengelola stres, yang selanjutnya  berperan mendatangkan banyak manfaat kesehatan. 

Risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah berkurang, tingkat depresi pun lebih rendah. Mampu berpikir lebih kreatif,  lebih mampu memecahkan masalah, kemampuan memori dan daya konsentrasi yang lebih tinggi.

Di bidang olahraga, para atlet dengan pikiran positif terbukti mendapat pencapaian yang lebih tinggi.

Berpikir positif bukan berarti mengabaikan musibah yang  dialami, melainkan  cara  menyikapi dan menangani situasi tersebut dari sudut pandang yang lebih baik.

Berpikir positif dilakukan dengan  membicarakan hal positif  atas kejadian yang dihadapi, seperti memberi semangat kepada diri. 

Jika pikiran negatif  menghampiri, pikirkan hal-hal baik dari diri . Menyikapi  hal buruk yang dialami dengan sikap optimis dan menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga.

Mengubah  pola pikir  menjadi positif dengan menganggap bahwa kegagalan  merupakan bagian dari pembelajaran. 

Singkirkan  pikiran negatif yang ada dan mulailah berpikir positif demi kesehatan yang lebih baik.

Bila  kesulitan  menghadapi masalah hidup dengan pola pikir positif, konsultasikan segera dengan Hipnoterapis untuk membantu mengatasinya.(***)

Terbaru