Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hipnoterapi Menghempaskan Rasa Cemburu

1 -Hipnoterapi Menghempas Rasa Cemburu -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hipnoterapi Menghempaskan  Rasa Cemburu

Edisi Minggu, 5 Desember 2021


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


CEMBURU muncul dalam dunia karier, pertemanan hingga kehidupan asmara. Sesehat apapun hubungan yang dimiliki,  tidak  bisa terhindar dari kecemburuan. 

Meski berdampak buruk,  kecemburuan bisa memberikan dampak positif. Tetapi, jika tidak dikendalikan dengan sehat, kecemburuan bisa mengakibatkan kekerasan dalam hubungan, baik secara fisik atau pun emosional.

Kecemburuan bisa merusak kesehatan mental serta menciptakan masalah tidak penting dalam hubungan.

Cemburu adalah emosi yang dirasakan terhadap sesuatu atau seseorang yang dimiliki dan ingin dipertahankan, tidak berbeda jauh dengan ke-posesifan dan ketakutan bahwa sesuatu yang berharga  bisa direbut kapan saja.

Cemburu merupakan perasaan emosi negatif yang mengganggu seseorang dalam menjalani kehidupannya. 

Setiap orang terkadang mengalami cemburu, penyebabnya cinta, factor sosial ataupun karena hal yang lain. Misalnya, tetangga memiliki mobil baru, tapi  tidak mampu membelinya yang kemudian membuat diri mengalami kecemburuan. 

Kecemburuan  melemahkan seseorang, sehingga menyebabkan serangan panik, kecemasan dan kemarahan. 

Seringkali setelah berargumen, orang  menyesal atas kecemburuan  yang terkadang menyebabkan depresi ketika  imajinasi dan emosi di luar kendali. 

Perasaan frustrasi juga umum dialami seseorang pecemburu yang membuat tak berdaya, bahkan sampai bertanya bagaimana mengatasi kecemburuan. 

Dampak positifnya   cemburu merupakan cara belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara mengatasi kecemburuan yaitu mengubah sesuatu dalam hidup  dimulai dengan membuat janji untuk melakukan perubahan. Jika  tidak,  maka akan tersiksa oleh cemburu selamanya.

Untuk menghempaskan  kecemburuan,  harus memahami perasaan dan melepaskan beban emosional dari masa lalu. Selanjutnya, melakukan tindakan yang dapat membantu  mengendalikan kecemburuan yang mengganggu kehidupan.

Pengobatan efektif untuk mengatasi cemburu yaitu menggunakan metode hipnoterapi. Teknik-hipnoterapi bekerja melatih imajinasi  menjadi positif dengan di beri sugesti  pada pikiran bawah sadar. Gunanya,   membuat  menjadi lebih tenang dan nyaman dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

Hipnoterapi terbukti efektif membantu  melakukan relaksasi secara mendalam.  Memusatkan perhatian,kemudian mengidentifikasi dan mencari akar penyebab permasalahan. Serta mengontrol secara tepat terhadap respon fisik dan emosional  sehingga  menjadi individu yang lebih baik dan tenang. (***)