Rubrik Power of Mind Radar Bali : Gunakan Hipnosport, Bangkitkan Semangat Atlit

4 - Lakukan Hipnosport Untuk Bangkitkan Semangat Atlit - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Gunakan Hipnosport, Bangkitkan Semangat Atlit

Edisi Minggu, 27 Februari 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator 


SPIRIT kompetisi seorang atlet atau olahragawan  sangat tinggi, keberhasilannya pasti karena memiliki motivasi sehingga dapat memacu semangat setiap hari. yang telah ditetapkan,  menjalani setiap pertandingan menjadi JUARA.

Berlatih setiap hari tanpa henti sanggup mereka lakoni untuk mencapai tujuan 

Oleh karena itu, kisah hidup serta perjuangan mereka sering menjadi inspirasi  banyak orang. Inspirasi yang tidak dibatasi oleh tempat dan tak lekang oleh waktu.

Sangat tepat pepatah yang mengatakan “jauh lebih sulit mempertahankan juara daripada merebutnya” karena kenyataannya memang demikian.

Saat seorang atlit untuk pertama kalinya meraih juara, hal tersebut biasanya  menjadi kejutan bagi semua orang, bahkan tidak jarang bagi dirinya sendiri.

Dari seseorang yang tidak dikenal, berubah menjadi orang yang dielu-elukan, dari seorang yang kurang yakin dengan dirinya sendiri, berubah menjadi perasaan bangga karena mampu berprestasi, dari seseorang yang tidak diunggulkan, menjadi orang yang diharapkan.

Semakin berprestasi seorang atlit, semakin besar harapan publik, pelatih, manajer, keluarga, teman, tetangga, sponsor, pemerintah dan harapan dirinya sendiri agar dapat berprestasi lebih baik lagi.

Hal ini tentu saja berpotensi menimbulkan tekanan psikis  atau mental yang sangat hebat pada pertandingan berikutnya karena adanya tuntutan untuk dapat memenangkan pertandingan dan sekaligus timbul kekhawatiran jika hasil yang diraih tidak sesuai dengan harapan  orang disekitarnya.

Sang atlit dituntut untuk dapat  memenangkan pertandingan, mampu mengendalikan diri saat ketinggalan angka, menghadapi ejekan penonton, mengatasi tekanan sang pelatih dan yang paling berat adalah mengatasi rasa bersalah dalam dirinya.

Akibatnya, semakin tinggi kelas sang atlet, kemampuan atlit dalam mengendalikan emosi dirinya, menjadi semakin penting, jauh melebihi kemampuan tehniknya, karena pada umumnya  sebagai atlit papan atas, keterampilan tekniknya berdaya saat bertanding tidak lagi diragukan.

Hipnosport  dapat membantu atlit memprogram target medali dirinya  dan sekaligus menghilangkan hambatan pribadi seperti gampang panik, perasaan bersalah, perasaan tidak mampu ataupun perasaan gagal 

Cara membina aspek mental juga termasuk hal yang sangat penting yaitu yang paling utama adalah membebaskan atlit dari  fobia pribadi,  trauma psikis keluarga dan keraguan berkarir di olah raga.

Tak kalah pentingnya adalah menanamkan mental “jawara” kedalam pribadi atlit, menanamkan bahwa “target” hanya sebagai “alat” pencapaian prestasi bukan “tujuan”

Setelah itu dukungan sistem dalam pembinaan atlit, frekwensi pertandingan, jalur karir ke masa depan dan sebagainya.

Salam sukses..