Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kendalikan Emosi Berlebihan dengan Hipnoterapi

2 - Kendalikan Emosi Berlebihan Dengan Hipnoterapi - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Kendalikan Emosi Berlebihan dengan Hipnoterapi  

Edisi Minggu, 13 Februari 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


MELUAPKAN  amarah merupakan hal wajar,  namun  emosi yang  berlebih membuat diri menjadi tak terkendali. 

Penelitian Journal of Experimental Social Psychology, menyatakan bahwa perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu  berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri.

Setiap orang pasti pernah merasa emosi atau marah. Hal ini normal, terlebih ketika dihadapkan dengan persoalan hidup. 

Cara menyikapinya bisa memilih untuk tetap marah, namun   bisa mengendalikannya jika mau berusaha.  

Memilih untuk tetap marah tak terkendali, sesungguhnya  merugikan diri, termasuk kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan emosi atau kemarahan.

Emosi yang berlebih dapat diarahkan menjadi hal yang lebih produktif sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai positif. Sering  marah tak terkendali kepada keluarga atau orang lain, padahal sebenarnya mereka tidak punya salah dan kemudian menyesalinya.

Seorang yang dulunya penyabar tapi sekarang menjadi mudah marah, mungkin waktu kecil sering dimarah secara verbal atau  fisik oleh orang tua dan diri merasa tidak berdaya, akhirnya menyimpan kemarahan  dalam hati  selama puluhan tahun tanpa disadari.

Orang yang mengalami kondisi tidak menyenangkan pada masa kecil punya keinginan kalau punya anak tidak ingin mendapat perlakuan seperti yang dialami, tapi ternyata  melakukan pada anak atau pasangan  apa yang pernah dilakukan orangtua dulu.

Permasalahannya adalah  tidak sanggup untuk menahan atau mengatasi emosi marah. Penyebab  lain adalah ada  kemarahan besar yang di simpan karena perlakuan tidak adil dari seseorang  dan diri tidak bisa mengeksresikan rasa marah  pada orang tersebut karena  dia lebih punya kedudukan  dan sebagainya.

Sebagai pelampiasannya  secara tidak disadari, yang terdekat menjadi sasaran kemarahan.

Secara umum penyebab marah berlebihan adalah kemarahan yang ditekan dan tidak terekspresikan. Bisa disebabkan juga karena maresa diabaikan, perasaan tidak aman. merasa tidak dihargai dan sebagainya.

Mengontrol emosi  bisa dilakukan dengan menekuni  hipnoterapi. Sehingga semua kemarahan yang terpendam itu bisa keluar dan membuat hati terasa lebih nyaman.

Yang dilakukan ketika hipnoterapi adalah masuk ke dalam pikiran bawah sadar untuk melepaskan emosi yang selama ini terperangkap dan mencarii akar masalah.Semua proses  dilakukan dengan kondisi  sadar dan memilikii kendali atas diri sendiri.

Hipnoterapi akan berhasil maksimal  jika yang bersangkutan mau dan rela untuk di terapi, bukan atas dasar paksaan atau suruhan orang lain. (***)