Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hipnoterapi, Meredakan Rasa ‘Sakit Bulanan’ Perempuan

2 - Hipnoterapi, Meredam Rasa Sakit Bulanan Perempuan - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hipnoterapi,  Meredakan Rasa ‘Sakit Bulanan’ Perempuan

Edisi Minggu, 13 Maret 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator 


SAKIT  perut saat menstruasi dan gangguan haid adalah umum bagi  wanita yang memasuki masa subur. Hampir semua wanita normal merasakan nyeri dan gangguan haid.

Melansir Everyday Health, penyebab perut sakit saat haid umumnya berasal dari dismenore primer,  peningkatan hormon prostaglandin. 

Hormon yang dikeluarkan rahim  menyebabkan kontraksi dan menekan pembuluh darah di sekitarnya. Saat terjadi kontraksi, pasokan darah ke rahim untuk sementara terhenti.

Kondisi penyebab nyeri haid hari pertama  umumnya disebabkan perubahan hormon selama siklus menstruasi. Kadar hormon berlebih membuat jaringan tumbuh tidak wajar. Seperti menjadi menebal dan rusak. Jaringan rusak ini akan terjebak pada panggul.

Nyeri haid masih dikatakan normal apabila berlangsung antara dua sampai tiga hari. Akan tetapi, nyeri haid yang terjadi sepanjang waktu menstruasi bisa disebut tidak normal.

Saat haid biasanya  biasanya merembet pada kepala  yang sakit disertai pusing, punggung pegal-pegal, nyeri payudara seperti mengeras, perut seperti diremas dan melilit. 

Untuk mengatasi secara instan umumnya yang dilakukan adalah mencari obat kimia pengurang rasa sakit untuk meredakan, padahal nyeri adalah hal normal terjadi.Obat kimia yang digunakan sebagai pereda  tersebut malah terkadang memberikan efek samping yang berbahaya. 

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri  seperti  olahraga, meski rasanya berat. Tapi berolahraga membantu menurunkan tingkat prostaglandin yaitu zat dengan struktur kimia yang menyerupai hormon serta meningkatkan sirkulasi darah.

Olahraga juga melepaskan endorfin, yang menurunkan persepsi nyeri. Disarankan mulai berolahraga beberapa hari sebelum menstruasi tiba untuk membantu meringankan kram.

Kemampuan pikiran bawah sadar  juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri yang dirasakan.Memberikan relaksasi pada bagian tubuh yang mengalami kontraksi. Atau yang memunculkan nyeri, sehingga  bisa mengurangi   sampai ke tingkat yang tidak mengganggu diri dalam melakukan beragam aktivitas.

Hipnoterapi membantu  dan memudahkan untuk mengakses bawah sadar yang bisa melakukan kompromi dengan bagian tubuh yang memunculkan nyeri tersebut. 

Menurunkan level kepekaan syaraf nyeri, perasaan sensitif, sering marah yang muncul akibat nyeri dan gangguan haid bisa berkurang. 

Tak salah bila  memilih  hipnoterapi sebagai solusi  menangani problem sakit menstruasi. Silahkan mencoba cara ini, semoga lebih bermanfaat bagi tubuh dan jiwa tanpa efek kimiawi. (***)