Rubrik Power of Mind Radar Bali : Penyembuhan Diri Gunakan Metode Hipnoterapi

4 - PENYEMBUHAN DIRI GUNAKAN METODE HIPNOTERAPI -  Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Penyembuhan Diri Gunakan Metode  Hipnoterapi

Edisi Minggu, 21 Mei 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


Self healing (Penyembuhan Diri) merupakan metode penyembuhan penyakit bukan dengan obat, melainkan dengan menyembuhkan dan mengeluarkan perasaan dan emosi yang terpendam di dalam tubuh.

Self healing hampir sama dengan perbaikan pada diri sendiri, dengan tujuan untuk mengeluarkan ekspresif dan amarah yang sekiranya tertentu karena penyebab tertentu.

Tidak hanya itu saja, self healing juga sering dilakukan banyak orang untuk tujuan mengeluarkan kenangan buruk yang mengganggu pikiran individu.

Ada yang berpendapat bahwa self healing adalah tidur. Melalui tidur, diri  akan melupakan hal-hal yang sebelumnya telah menyakiti perasaan dan emosinya.

Meskipun melalui tidur ini, luka atas perasaan dan emosi tersebut tidak langsung sembuh seratus persen, tetapi baginya yang terpenting adalah dirinya mampu melupakannya sejenak.

Beberapa orang  berpendapat bahwa self healing adalah berlibur. Hal ini sah saja dilakukan, terutama bagi yang mempunyai kecakapan finansial.

Biasanya, ketika hendak melakukan self healing berupa liburan, diri  cenderung  menjauhkan diri dari smartphone dan berusaha untuk tidak berinteraksi dengan hal  yang biasa dilakukan, misalnya pekerjaan di kantor.

Kemudian, beberapa lagi ada yang berpikir bahwa self healing terbaik adalah dengan berjalan-jalan di suatu tempat. Tidak perlu tempat yang mahal seperti ketika tengah berlibur, tetapi di tempat yang sekiranya memiliki suasana asri, sejuk, dan damai.

Tempat yang dikunjungi untuk self healing ini tidak harus daerah yang bersuasana sejuk, bahkan terkadang ada juga yang menjadikan mall atau pusat perbelanjaan untuk self-healing. Dan ketika berada di mall, biasanya akan membeli makanan atau camilan sesuai dengan keinginannya.

Ada yang berpendapat bahwa self healing dapat dilakukan secara sederhana, yakni berupa menonton film, serial drama, atau bahkan Music Video (MV) milik idolanya.

Bagi mereka, yang terpenting dari upaya self healing ini adalah dirinya mampu melupakan sejenak permasalahan atau hal  yang menggores perasaannya.

Self-healing adalah  proses  penyembuhan luka batin yang mengganggu emosi.

Sebagian orang tentunya mengalami masalah dan lelah secara emosional. Luka batin ini bisa terjadi dalam waktu yang lama dan berdampak pada kegiatan sehari-hari.

Kelelahan emosional ini bisa disebabkan karena cemas, perasaan sedih ditinggal orang yang dikasihi, merasa gagal untuk mencapai sesuatu, dan masalah lainnya di masa lalu yang membuat luka batin dan mengganggu emosi.

Self healing termasuk tehnik yang dilakukan ketika terjadi gangguan psikologis. Penyembuhan luka batin ini bisa dilakukan dengan cara relaksasi pernapasan, meditasi, dan yoga  ataupun melakukan terapi bawah sadar dengan metode hipnoterapi. (***)