Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hilangkan Keraguan dengan Self Talk

1 - hilangkan keraguan dengan-self-talk - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Hilangkan Keraguan dengan Self Talk

Edisi Minggu, 4 September 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


KERAGUAN  adalah ketidakpastian tentang kebenaran sesuatu. Semua orang dapat mengalami keraguan diri. Bahkan orang dengan pencapaian tingkat tinggipun  dapat menghabiskan banyak waktu untuk mempertanyakan kemampuan mereka sendiri.

Psikolog dari Ohio State University, Matthew D. Braslow pada  2012 melalui jurnalnya mengatakan bahwa keraguan diri adalah sekumpulan perasaan atas ketidakyakinan  terhadap kompetensi, kemampuan, dan hasil yang dicapai dari kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang mengalami keraguan dalam diri bakal dihadapkan dengan berbagai ketidakpastian tentang kapasitasnya untuk menyebabkan sesuatu yang ingin dihasilkan.

Seseorang bisa mengalami penurunan kepercayaan diri akibat adanya keraguan dalam diri yang berlebih. Misalnya ketika  membandingkan diri dengan orang lain, memiliki sifat perfeksionis hingga takut gagal pada diri sendiri, sampai  pesimis dengan masa depan yang membuat diri sering berpikiran negatif.

Cara menghilangkan keraguan dalam diri qdengan berhenti melakukan self-talk negative. Self-talk negatif adalah membicarakan diri dengan hal yang negatif merupakan cara untuk membatasi kemampuan

Bisa dengan  observasi diri menjadi lebih objektif. Bukan hal yang aneh jika  tidak mempercayai sesuatu, sebab manusia hidup dalam keraguan agar dapat memiliki pandangan dan alasan kritis. Tapi,  bagaimana jika tidak  mempercayai sesuatu karena masih memiliki keraguan yang berlebih atas suatu hal.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan lebih selektif menyaring informasi dari lingkungan . Caranya dengan mengumpulkan berbagai informasi tentang diri  dari berbagai pandangan orang lain. Hal ini membantu  untuk lebih terbuka dan mengenal lebih jauh kemampuan diri.

Semua orang pasti  terkesan dengan pencapaian dan kesuksesan orang lain, hal ini dapat berdampak baik jika hal tersebut menjadi motivasi  untuk sukses. Tapi, bisa berdampak buruk ketika  selalu membandingkan diri dengan pencapaian orang lain.

Cara keluar dari kebiasaan ini  dengan mengubah pola pikir  bahwa lebih baik membandingkan diri saat ini dan di masa lalu. Dengan cara ini,  akan mengetahui proses di setiap perkembangan atas kemampuan yang dimiliki.

Cara yang lain lagi yaitu dengan mengembangkan kemampuan dengan growth mindset adalah dengan meningkatkan pengetahuan tentang kemampuan yang sedang ditekuni. Hal ini bisa dimulai dari mencari faktor penunjang kesuksesan sampai solusi yang di buat.

Di sisi lain, juga harus melatih semua apa yang telah dipelajari setiap harinya bisa berubah. Sehingga keraguan dalam diripun di masa depan bisa mereda secara sendirinya.

Meskipun terdengar sepele, namun sifat ragu-ragu tidak bisa diabaikan begitu saja. Jika dibiarkan terus berlanjut, tentu yang akan dirugikan adalah dirimu sendiri.

Jika mengalami kesulitan untuk menghilangkan keraguan, hubungi terapis yang dipercaya untuk membantu melatih self talk dengan benar. (*)