Rubrik Power of Mind Radar Bali : Afirmasi Positif Menyelesaikan Salah Paham

4 - Afirmasi positif menyelesaikan salah paham - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking


Rubrik Power of Mind Radar Bali : Afirmasi Positif Menyelesaikan Salah Paham

Edisi Minggu, 28 Agustus 2022


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


SALAH  paham adalah salah dan keliru dalam memahami pembicaraan, pernyataan, sikap orang lain dan  menimbulkan reaksi bagi yang bersangkutan

Pada dasarnya, penyebab salah paham dalam hubungan adalah setiap individu dapat memiliki realita yang berbeda. Realita setiap orang dikatakan subjektif karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda berdasarkan pengalaman, budaya, nilai yang tertanam, dan lain sebagainya.

Kebiasaan lebih banyak bicara dibanding mendengarkan biasanya juga menjadi penyebabnya. Banyak orang mulai membuat sanggahan tanpa benar-benar mendengar apa yang dibicarakan pihak lainnya.

Kadang, orang langsung menyimpulkan sesuatu hanya dengan mendengar sepatah atau dua patah informasi saja dari lawan bicaranya, tanpa menyadari bahwa yang dimaksud oleh orang tersebut ternyata berbeda. Hal inilah yang menyebabkan mengapa salah paham sering sekali terjadi dalam hubungan.

Salah satu penyebab salah paham adalah dengan bicara saat emosi. Pasalnya, pada saat emosi,  akan lebih berpotensi untuk lepas kendali dan mengucapkan kata yang tidak  dipikirkan sebelumnya. Begitu pula dengan lawan bicara yang besar kemungkinannya salah menangkap apa yang dibicarakan

Cara menyikapi salah paham yang paling utama adalah hindari perasaan dendam dan usahakan bisa menjelaskan semua duduk permasalahan dengan tanpa emosi.

Tetapi setiap manusia juga memiliki hak untuk menjelaskan ataupun tidak, sesuai dengan keinginan sendiri.

Tidak ada persoalan yang bisa diselesaikan dengan penuh emosi, jika merasa diri bersalah, minta maaflah dengan menurunkan ego diri.

Bisa juga dengan acuh tanpa mempersoalkan kesalahpahaman tersebut dan menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas.

Di dalam suatu hubungan, komunikasi adalah hal yang penting. Apabila komunikasi tidak dibangun dengan baik antar kedua pihak, maka hubungan akan rentan terhadap berbagai masalah, misalnya salah paham. Jika sudah begini, keharmonisan hubungan pun dapat terganggu.

Perbaiki segera komunikasi yang baik agar kesalahpahaman dapat mencair sehingga hubungan kembali berjalan harmonis

Jika kesalahpahaman ini sangat mengganggu aktivitas maupun membuat tidur menjadi tidak nyaman, membuat diri menjadi stress, bisa lakukan afirmasi positif.

Afirmasi positif adalah pernyataan positif yang diucapkan berulang kali kepada diri sendiri , yang berguna untuk membentuk pola pikir positif dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif.

Afirmasi positif bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan keyakinan akan kemampuan diri sendiri karena dengan mengulang-ulang pernyataan positif bisa menstimulasi otak untuk mempercayai bahwa afirmasi tersebut adalah fakta.

Apabila  menemukan kesulitan dalam melakukan cara-cara di atas atau jika  tetap dikuasai oleh berbagai pikiran negatif, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Hipnoterapis. (*)