Rubrik Power of Mind Radar Bali : Curhat Bisa Melegakan

2 - Curhat Bisa Melagakan - Rubrik Power of Mind - Santy Sastra - Radar Bali - Jawa Pos - Santy Sastra Public Speaking

Rubrik Power of Mind Radar Bali : Curhat Bisa Melegakan

Edisi Minggu, 8 Januari 2023


Ditulis Oleh :

Santy Sastra (@santysastra)

Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI

Indonesia's Mindset Motivator


ORANG yang tertekan karena sedang dilanda masalah disarankan oleh ahli agar bercerita kepada orang lain, jangan dipendam sendiri. Tujuannya agar 'beban' bisa berkurang karena bila dibiarkan lama-lama dapat menimbulkan gangguan kesehatan mental.

Pakar saraf dari University of California Marco Iacoboni mengatakan di otak manusia terdapat sirkuit sel kecil yang disebut sel cermin. Ketika seseorang melihat orang lain melakukan sesuatu maka sel cermin ini akan aktif membuatnya bisa merasakan apa yang dialami oleh orang lain tersebut.

Dalam kata lain sel cermin adalah sel otak khusus yang membuat manusia bisa berempati.

Bagi orang dengan kondisi kecemasan atau depresi, apa yang bisa terasa lebih berat dari masalahnya adalah kesadaran bahwa ia menanggung beban tersebut sendirian.

Oleh karena itu ketika ia bercerita kepada orang lain dan ada empati di sana maka beban mental yang tadinya dipikul sendirian bisa terasa lebih ringan karena dipikul bersama.

Itu juga yang jadi alasan mengapa bagi beberapa orang mendengarkan keluh kesah orang lain akan berdampak untuk mentalnya.

Terutama jika itu adalah tentang hal-hal yang berkaitan dengan rasa sakit hati, benci, marah, dan lain sejenisnya, adalah bentuk pelepasan energi negatif yang ada dalam diri.

Dengan kata lain, mengeluarkan segala keresahan yang ada agar kemudian tergantikan dengan energi lain yang sifatnya lebih baik.

Masalah yang dibagi dengan orang lain dengan cara curhat dapat menghindarkan  dari stres. Masalah yang berlarut cenderung menguras pikiran dan membuat hidup terasa seolah-olah terfokus hanya pada masalah tersebut.

Hal ini dapat berujung pada stres ringan bahkan berat. Curhat dapat mencegah keadaan ini sebelum terjadi.

Jangan menahan beban yang dirasakan sendirian karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Justru dengan curhat bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

Tetapi sebaiknya mencari orang yang tepat untuk curhat, karena salah memilih orang untuk curhat justru akan membuat maslah semakin rumit.

Tak bisa dimungkiri, berbicara dengan orang lain dapat membantu mengurangi beban dan stres. Apalagi manusia merupakan makhluk sosial.

Masalah yang dibagi dengan orang lain dengan cara curhat dapat menghindarkan dari stres. Masalah yang berlarut cenderung menguras pikiran dan membuat hidup terasa seolah-olah terfokus hanya pada masalah tersebut.

Hubungi hipnoterapis yang dipercaya untuk teman curhat juga menyelesaikan permasalahan yang mengendap dalam pikiran bawah sadar agar bisa leboh jernih dalam mengatasi dan mencari solusi dalam hidup